Menuju Terbentuknya Provinsi Kalimantan Tenggara: Rencana Pemekaran dan Implikasinya Terhadap IKN Nusantara

Menuju Terbentuknya Provinsi Kalimantan Tenggara: Rencana Pemekaran dan Implikasinya Terhadap IKN Nusantara

Menuju Terbentuknya Provinsi Kalimantan Tenggara: Rencana Pemekaran dan Implikasinya Terhadap IKN Nusantara.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

KALIMANTAN, PALPOS.ID - Menuju Terbentuknya Provinsi Kalimantan Tenggara: Rencana Pemekaran dan Implikasinya Terhadap IKN Nusantara.

Dalam sebuah langkah besar menuju pengembangan Indonesia, rencana pemekaran Provinsi Kalimantan Tenggara (Kaltra) telah menjadi sorotan utama. 

Rencana ini melibatkan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dengan membentuk daerah otonomi baru (DOB) yang akan menjadi penyangga Integrasi Kawasan Nusantara (IKN) di masa mendatang.

Meskipun moratorium DOB masih berlaku, wacana pembentukan Kaltra dipicu oleh tujuan memperkuat Ibukota Negara atau IKN Nusantara. 

BACA JUGA:Tanjung Selor Provinsi Kalimantan Utara: Jejak Keanekaragaman Budaya dan Potensi Pembangunan

BACA JUGA:Hanya Rp 10 Ribu Bisa Menikmati Surga Alam Karai: Wisata Penuh Keindahan di Tanjung Selor Kalimantan Utara

Empat kabupaten siap bergabung dengan Kaltra, termasuk Kotabaru dan Tanah Bumbu dari Kalsel, serta Penajam Paser Utara dan Paser dari Kaltim. 

Namun, Kabupaten Kotabaru juga berencana melakukan pemekaran untuk memenuhi syarat minimal 5 kabupaten kota yang mendukung pembentukan provinsi baru.

Pembentukan Kabupaten Tanah Kambatang Lima dan Kota Madya Kotabaru

Kabupaten Tanah Kambatang Lima akan terdiri dari 12 kecamatan, termasuk Kelumpang Barat, Kelumpang Tengah, Kelumpang Selatan, Kelumpang Hilir, Kelumpang Hulu, Kelumpang Utara, Kelumpang Timur, Hampang, Sampanahan, Pamukan Selatan, Pamukan Utara, dan Pamukan Barat. 

Rencana ibukota Kabupaten Tanah Kambatang Lima akan berlokasi di antara Kelumpang Barat dan Kelumpang Tengah, dengan Cantung Kecamatan Kelumpang Hulu sebagai ibukota sementara. 

BACA JUGA:Tanjung Selor Provinsi Kalimantan Utara: Keberagaman dan Potensi Pembangunan

BACA JUGA:Tanjung Selor Kota Menjanjikan di Utara Kalimantan: Potret Sebuah Kecamatan yang Berkembang

Desa Sengayam Kecamatan Pamukan Barat, dan Desa Serongga Kecamatan Kelumpang Hilir akan berperan sebagai kota penyangga ibukota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: