Bek Wolves Akhirnya Resmi Jadi WNI, Begini Kata Hubner Sebelum Dinaturalisasi

Bek Wolves Akhirnya Resmi Jadi WNI, Begini Kata Hubner Sebelum Dinaturalisasi

Justin Hubner secara resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan RI di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, pada Rabu (6/12/2023). -Foto: PSSI-

JAKARTA, PALPOS.ID - Pesepakbola asal Belanda, Justin Hubner secara resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Justin Hubner menjalani prosesi pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan RI di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, pada Rabu (6/12/2023). 

Acara tersebut turut melibatkan sejumlah calon WNI lainnya dan dipimpin oleh Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun.

Lahir pada 14 September 2003, Justin Hubner yang berposisi sebagai bek tengah saat ini bermain di klub Liga Inggris, Wolverhampton Wanderers (Wolves).

BACA JUGA:BIKIN BANGGA! Atlet Palembang Agra dan Awa Sabet 3 Medali di Kejurnas Panjat Tebing Bali 2023

Justin Hubner menjadi pesepakbola keenam yang berhasil dinaturalisasi oleh PSSI, menyusul Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Rafael Struick, dan Ivar Jenner. 

Proses naturalisasi sebelumnya telah mendapatkan persetujuan dari DPR RI, termasuk Ivar Jenner dan Rafael Struick, yang awalnya diproyeksikan masuk skuad Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Dunia U-20 2023.

Dalam prosesi tersebut, Hubner tampil mengenakan setelan jas, dasi, dan kopiah berwarna hitam, dengan sungguh-sungguh mengucapkan sumpah. 

"Demi Tuhan yang Maha Esa, saya menyatakan dan berjanji melepaskan seluruh kesetiaan kepada kekuasaan hati, tunduk, dan setia kepada NKRI, Pancasila, dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945," ujar Hubner.

BACA JUGA:Pemkab OKI Jadikan Biliard Cabang Olahraga Pendulang Medali

Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, menyatakan bahwa percepatan naturalisasi dilakukan untuk mendukung keterlibatan Timnas Indonesia dalam sejumlah kompetisi mulai Januari 2024.

"Naturalisasi ini juga sebagai upaya menjawab ekspektasi masyarakat terhadap timnas kita yang diharapkan bisa berprestasi di tingkat Asia maupun dunia," ungkap Yunus Nusi.

Setelah menjadi WNI, Justin Hubner bersama beberapa pemain naturalisasi lainnya siap membela Timnas Indonesia pada berbagai kompetisi di tahun 2024, termasuk Piala Asia 2023 yang akan berlangsung mulai 12 Januari hingga 10 Februari 2023. 

Fokus selanjutnya adalah Piala Asia U-23 pada 15 April-3 Mei 2024, di mana Indonesia tergabung di Grup A bersama Qatar, Australia, dan Yordania.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: