Perkokoh Kesadaran K3, Semen Baturaja Gelar Safety Observation Tour

Perkokoh Kesadaran K3, Semen Baturaja Gelar Safety Observation Tour

Karyawan/ti PT SMBR saat menyelenggarakan Safety Observation Tour (SOT) di Pabrik Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). Foto: Ist--

BATURAJA, PALPOS.ID - Pada momentum Bulan Keselamatan Kerja dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2024, PT Semen Baturaja Tbk (SMBR), anak usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG), menyelenggarakan Safety Observation Tour (SOT) di Pabrik Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan, pada Senin 22 Januari 2024.

Kegiatan ini diikuti oleh karyawan/ti, termasuk Direksi SMBR yang turut berpartisipasi antara lain Direktur Utama Suherman Yahya, Direktur Operasi Muhammad Syafitri, dan Direktur (Fungsi Keuangan & SDM) Rahmat Hidayat.

Direktur Utama SMBR, Suherman Yahya, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan SOT ini adalah untuk mengajak peserta secara aktif mengidentifikasi potensi risiko dan memberikan rekomendasi perbaikan guna meningkatkan kondisi keselamatan di lingkungan kerja. Hasil identifikasi ini nantinya diunggah melalui aplikasi SHE SIG untuk pelaporan K3.

Suherman Yahya menekankan bahwa efektivitas program-program perusahaan tidak dapat tercapai tanpa pengawasan langsung di lapangan. Oleh karena itu, peningkatan observasi terhadap tindakan dan kondisi berpotensi berbahaya perlu ditingkatkan.

BACA JUGA:PT SMBR Usung Spirit of Energy Pada HUT ke-48 Tahun

BACA JUGA:Tekan Kasus DBD, Kelurahan Kemalaraja Lakukan Fogging Massal

"Keselamatan dan Kesehatan Kerja adalah prioritas utama bagi SMBR. Melalui kegiatan SOT ini, kami ingin memastikan bahwa kesadaran K3 tidak hanya sebatas kebijakan formal, tetapi juga menjadi budaya yang diterapkan oleh setiap individu di perusahaan," ujar Suherman. 

Sementara Direktur Operasi SMBR, Muhammad Syafitri menambahkan SOT ini bukan hanya sekadar kegiatan rutin, namun juga sebagai bentuk nyata dari SMBR untuk terus meningkatkan kualitas lingkungan kerja demi keberlanjutan operasional perusahaan. 

Dengan melibatkan seluruh pihak terkait, diharapkan dapat tercipta lingkungan kerja yang aman, sehat, dan produktif. 

“Tentu saja tujuan akhir dari SOT ini agar seluruh kegiatan operasional di perusahaan berjalan dengan lancar dan aman serta terhindar dari kecelakaan kerja,” terangnya. (***)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: