Diduga Terjadi Kecurangan Hasil Rekapitulasi Pileg, Massa Blokir Jalinsum

Diduga Terjadi Kecurangan Hasil Rekapitulasi Pileg, Massa Blokir Jalinsum

Dugaan kecurangan dalam pileg 2024 di Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara, Sumsel, memicu aksi pemblokiran Jalinsum.-Foto : Zul Sumek-

MURATARA, PALPOS.ID - Diduga terjadi kecurangan dalam rekapitulasi suara di  Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Karang Jaya, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Sumatera Selatan, memicu aksi protes massa. 

Aksi protes tersebut dilakukan massa dengan turun ke jalan dan melakukan pemblokiran Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), tepatnya di depan Kantor Camat Karang Jaya yang bersebelahan dengan sekretariat PPK Karang Jaya, Sabtu, 17 Februari 2024.

Berdasarkan Informasi yang dihimpun palpos, dugaan kecurangan tersebut terjadi di Desa Embacang Raya (Embacang Baru, Embacang Lama, dan Embacang Ilir) dimana perolehan suara beberapa caleg baik dari Partai Golkar, PKS, PAN, Demokrat dan lainnya raib dan menggelembung ke PDIP dan PBB.

Hasran Akwa salah satu Caleg dari Partai Golkar ketika dihubungi Palpos membenarkan adanya aksi tersebut. Bahkan dia sendiri ikut turun dan melakukan orasi dalam aksi itu.

BACA JUGA:Golkar Juara Bertahan Pemilu 2024 di Kota Lubuklinggau

BACA JUGA:DPD Nasdem Lubuklinggau, Capai Target Raih Kursi Pimpinan

Menurut Hasran, kronologis aksi tersebut berawal dari hilangnya suara caleg dari banyak partai yang diduga dialihkan ke Partai PDIP dan PBB.

"Jadi suara caleg hampir semua partai Hilang dan pindah ke caleg PDIP dan PBB," ujarnya. 

Ironisnya para saksi partai tidak ada yang diberikan salinan hasil rekapitulasi tersebut, sehingga tidak ada dasar bagi parpol untuk melakukan gugatan.

Menghadapi permasalahan itu akhirnya sejumlah parpol melaporkan masalah itu ke Bawaslu.

BACA JUGA:Optimis Nasdem Jadi Runner-up pemilu 2024 di Sumsel

BACA JUGA:Pj Walikota-Kapolres Kompak Turun ke Lapangan untuk Memastikan Kelancaran Distribusi Logistik Pemilu 2024

"Masalah ini kemarin sudah dilaporkan ke Bawaslu namun tidak ada tindaklanjut dan tanggapan dari Bawaslu Karena itu massa turun ke jalan" jelas Hasran. 

Beruntung aksi unjukrasa tersebut langsung mendapat respon dari Polda Sumsel. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: