Keunikan Desa Tanpa Daratan : Dihuni 178 KK, Lokasinya di Tengah Danau, Satu-satunya di Indonesia !

Keunikan Desa Tanpa Daratan  : Dihuni 178 KK, Lokasinya di Tengah Danau, Satu-satunya di Indonesia !

Desa Muara Enggelam merupakan desa tanpa daratan di pedalaman Kutai Kartanegara Kalimantan Timur-Tangkapan Layar Youtube @kacong expolrer-

KALIMANTANTIMUR - Muara Wis, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur - Muara Enggelam merupakan salah satu desa terpencil yang terletak di Kecamatan Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Dengan perjalanan darat sekitar 2-3 jam dari Kecamatan Tenggarong, Ibu Kota Kutai Kartanegara, dan diikuti dengan perjalanan mengarungi sungai selama dua jam, menuju desa ini yang berada di tengah Danau Melintang.

Desa ini terdiri dari tiga dusun, termasuk Dusun Kedung Glatik, dengan sekitar 180 kepala keluarga, mayoritas berasal dari suku Kutai, yang mata pencariannya didominasi oleh profesi sebagai nelayan.

BACA JUGA:Destinasi Wisata Alam Sulawesi Selatan: Wisata Air Panas Lejja Soppeng yang Memukau

BACA JUGA:Pango-Pango Makale: Surga Tersembunyi di Dataran Tinggi Tana Toraja Provinsi Sulawesi Selatan

Baru-baru ini, sebuah video penampakan Desa Muara Enggelam yang diunggah oleh akun @ke.luarbentar viral di TikTok, mencapai 10,6 juta views.

Desa ini memang menarik perhatian banyak orang karena keunikan geografisnya.

Desa Muara Enggelam, terletak di tengah Danau Melintang, menjadi salah satu destinasi menarik yang wajib masuk dalam daftar objek wisata untuk dikunjungi.

BACA JUGA:Miliki Pesona yang Memukau, Danau Singkarak Menjadi Destinasi yang Wajib Dikunjungi Pelancong

BACA JUGA:Danau Towuti, Danau Terluas Kedua di Indonesia Setelah Danau Toba

Desa ini menawarkan panorama luar biasa dan kehidupan sehari-hari yang terjalin dalam harmoni dengan kondisi geografisnya yang unik.

Meskipun tidak memiliki daratan, terdapat jembatan dan kendaraan khusus yang digunakan warga untuk berkunjung ke rumah tetangga di Desa Muara Enggelam.

Kepala Desa Muara Wis, Jauhar, menyebutkan bahwa desa ini telah dinobatkan sebagai desa wisata air dan mendapatkan penghargaan dalam lomba Festival Gapura Cinta Negeri 2019.

BACA JUGA:Air Terjun Mandiri, Menjadi Tujuan Favorit bagi Para Pencinta Alam yang Mencari Ketenangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: