Pemkab Ogan Ilir Sukses Bangun Pabrik Pakan Ikan, Segini Produksinya Sehari

Pemkab Ogan Ilir Sukses Bangun Pabrik Pakan Ikan, Segini Produksinya Sehari

Tampak lokasi produksi pakan ikan di BBI Ogan Ilir--Foto: Isro Palpos

OGANILIR,PALPOS.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir melalui Dinas Perikanan sukses membangun baprik pakan ikan dengan biaya dari APBD pertama di Sumatra Selatan.

Pabrik pakan ikan yang di bangun di areal Balai Bibit Ikan (BBI) berlokasi di Desa Tanjung Pering, Kecamatan Indralaya Utara, Ogan Ilir ini telah diresmikan dan beroperasi sejak kuarang lebih dua bulan terakhir.

Bupati Ogan ilir Panca Wijaya Akbar melalui Kepala Dinas Perikanan Bustanul Arifin mengatakan pabrik pakan tersebut saat ini telah memproduksi pakan sekitar 250 kilogram perhari.

"Perhari pabrik kita baru produksi sebanyak 250 kilogram dengan 2 jam operasi," kata Bustanul. Selasa, 28 Februari 2024.

Bustanul mengatakan pabrik pakan yang dinamai PAPIBOI ( Pabrik Pakan Ikan Berkualitas Ogan Ilir) tersebut saat ini baru memproduksi 2 size jenis pakan ikan. Sementara untuk peruntukanya sendiri baru untuk jenis ikan budidaya seperti lele, gurami, nila atau patin.

BACA JUGA:Bukan Hanya Beras, Bahan Pokok Ini Turut Alamai Kenaikaan, Ramadhan Diprediksi Kian Meroket

BACA JUGA:Kreativitas Tanpa Batas: Bagaimana Konsep Pesta Pernikahan Mengubah Wajah Pemilihan Umum di Ogan Ilir

Adapun bahan baku pakan sendiri, kata Bustanul diantaranya yakni Tepung ikan, bekatul, bungkil kedelai, jagung, terigu, minyak ikan, minyak sayur dan vitamin mineral.

"Kedepan fokus kita bagaimana  mencari formulasi yang paling murah dengan komposisi paling baik. Dengan begitu dapat menekan biaya produksi dan meningkatkan keuntungan bagi para pelaku budidaya," ungkap dia.

Selain dipergunakan sebagai pakan di BBI itu sendiri pakan hasil produksi tersebut diperbantukan kepada sejumlah pembudidaya di Ogan Ilir sebagai bahan uji coba.

"Sementara hasil produksi belum kita perjual belikan. Selain di pakai sebagain kita perbantukan kemasyarakat untuk bahan uji coba," kata dia.

BACA JUGA:Heboh Informasi Jalan di Desa Semangus Putus, Kapolsek Muara Lakitan Beberkan Faktanya

BACA JUGA:BRGM dan KLHK Tanam Pohon Serentak di HPT Pedamaran, 2 Satwa Dilindungi Dilepasliarkan

Menurut Bustanul dalam memproduksi pakan ikan ini kesulitanya adalah menemukan dan mematangkan formulanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: