Dinamika Politik dan Persaingan Calon dalam Pilkada 2024, Siapa Pemimpin Lubuklinggau Berikutnya?

Dinamika Politik dan Persaingan Calon dalam Pilkada 2024, Siapa Pemimpin Lubuklinggau Berikutnya?

Ilustrasi Walikota Pertama, kedua dan siapa yang akan menjadi walikota Lubuklinggau berikutnya.-Foto : Maryati-

Keduanya menjadi paslon terpilih dan dilantik menjadi Walikota dan Wakil Walikota periode 24 Februari 2008- 24 Februari 2013.

Menjelang berakhirnya jabatan Riduan Effendi dan SN Prana Putra Sohe, pesta demokrasi 5 tahun-an kembali digelar pada Oktober 2012. 

BACA JUGA:Hasil Perolehan Pemilu 2024 Sudah Sampai Ke KPU Provinsi

BACA JUGA:Ini Nama-Nama Caleg Yang Diprediksi Duduk di Gedung DPRD Lubuklinggau

Dalam pesta Demokrasi kali ini, Riduan Effendi sudah tidak bisa lagi maju sebagai calon karena sudah 2 periode memimpin Kota Lubuklinggau.

Kali ini yang menjadi petahana wakilnya SN Prana Putra Sohe memilih Sulaiman Kohar sebagai wakilnya untuk turun dalam Pilwako langsung 2012 tersebut.

Dalam Pilwako kali ini SN Prana Putra Sohe menghadapi 3 Paslon penantang yakni, Rustam Effendi dan Irwan Evendi, kemudian ada Paslon Akisrofi Ayub dan Akmaludin Moestopa, lalu paslon Darmadi Djufri-Elven Asmar. 

Pesta Demokrasi ke-3 Kita Lubuklinggau ini akhirnya dimenangkan petahana SN Prana Putra Sohe dan Sulaiman Kohar. Keduanya dilantik dan resmi menjadi Walikota dan Wakil Walikota Lubuklinggau masa jabatan 24 Februari 2013-24 Februari 2018.

BACA JUGA:Pergeseran Kotak Suara Hingga Provinsi, Polres Siapkan Perwira Untuk Pengawalan

BACA JUGA:Proses Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2024 Jadi Atensi, PJ Walikota Dorong KPU Selesaikan Lebih Cepat

Setelah masa jabatan keduanya berakhir, untuk mengisi kekosongan kursi pimpinan Gubernur Alex Noerdin atas nama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melantik Ricky Junaidi (Sat Pol PP Pemprov Sumsel) sebagai Pejabat Walikota Lubuklinggau dengan masa jabatan 14 Februari 2018 -18 September 2018.

Kali ini Pesta Demokrasi pemilu serentak dilakukan secara bertahap. Ricky sebagai Pejabat (Pj) Walikota,  bertugas mengantarkan dan menyukseskan Pilkada serentak Kota Lubuklinggau yang diagendakan 27 Juni 2018.

Kali ini SN Prana Putra Sohe masih berpasangan dengan Sulaiman Kohar, menghadapi  dua paslon lainnya, yakni Riezky Aprilia dan Rustam Effendi, juga Toyeb Rakembang dan Sofyan.

Kali ini SN Prana Putra Sohe dan Sulaiman Kohar dengan slogan Nansuko kembali terpilih memimpin Kota Lubuklinggau, periode 18 September 2018- 18 September 2023.

Setelah masa jabatan SN Prana Putra Sohe dan Sulaiman Kohar berakhir, Gubernur Herman Deru atas nama Mendagri melantik Trisko Defriyansa sebagai PJ Walikota Lubuklinggau untuk menyukseskan pemilu serentak untuk pemilihan presiden (pilpres), pemilihan legislatif (pileg) dan juga Dewan perwakilan Daerah (DPD) RI, 14 Februari 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: