Pemkab Muara Enim Gelar Pasar Murah Bawang Merah dan Putih, Harganya Rp 20 Ribu Perkg

Pemkab Muara Enim Gelar Pasar Murah Bawang Merah dan Putih, Harganya Rp 20 Ribu Perkg

Untuk menekan inflasi, Pemkab Muara Enim masif menggelar operasi pasar murah di pasar Inpres Muara Enim.-febi/palpos.id-

MUARA ENIM, PALPOS.ID - Untuk mengendalikan inflasi dan menjaga stabilitas harga bahan pokok Pemkab Muara Enim, tiada henti menggelar Pasar Murah Pangan.

Kali ini giliran Bawang Merah dan Bawang Putih yang di subsidi Rp 10 ribu perkg di pasar Inpres Muara Enim, Kamis  14 Maret 2024 pukul 08.00 WIB.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Asisten I Pemerintahan & Kesejahteraan Rakyat Pemkab Muara Enim H Emran Thabrani, didampingi Kadin Koperasi & UMKM Kabupaten Muara Enim Husin Aswadi, Kadin Perikanan Kabupaten Muara Enim Muflih, Disperindag Muara Enim Syarfudin, Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Muara Enim, Perwakilan Polres Muara Enim, Kodim 0404/Muara Enim, Tim Kegiatan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Muara Enim dan instansi terkait.

Menurut Emran bahwa kegiatan ini adalah dalam Operasi Pasar Murah yang digelar oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Muara Enim yang mensubsidi Bawang Merah dan Bawang Putih. Dimana, untuk Bawang Merah kita siapkan sebanyak 200 kg dan Bawang Putih 100 kg. 

BACA JUGA:Pemkab Muara Enim - PLN UID S2JB Sepakati Kerja Sama PLMD

Adapun untuk harga normal di pasaran Bawang Merah dan Bawang Putih Rp30.000/Kg, lalu kita subsidi sebesar Rp10.000/kg sehingga masyarakat bisa membelinya dengan harga Rp20.000/kg.

"Kita subsidi Rp10.000/kg untuk Bawang Merah dan Putih. Dan mudah-mudahan bermanfaat dan membantu masyarakat khususnya mengurangi pengeluaran bagi masyarakat kurang mampu," harapnya.

Lanjut Emran, bahwa kegiatan operasi pasar murah ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat khususnya di bulan suci Ramadhan.

Harga tersebut telah disubsidi langsung oleh pemerintah melalui dana APBD Kabupaten Muara Enim Tahun Anggaran 2024 sebagai langkah konkret percepatan pengendalian inflasi daerah yang sejalan dengan program Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan dan Gerakan Pengendalian Inflasi Serentak Sumsel (GPISS).

BACA JUGA:Ada Pasar Murah Cabai di Muara Enim, Segini Harganya..

Sementara itu, menurut salah satu pedagang Bawang Edwin, bahwa komiditi Bawang ini mereka mendapatkan dari pasar Jakabaring Palembang.

Untuk bawang Merah ada juga yang dipasok dari pulau Jawa maupun dari Muara Enim sendiri Semende. Namun untuk Bawang Putih itu kebanyakan impor dari Cina.

"Kalau harga tergantung modal, kalau dari agen naik kita terpaksa naik begitu juga sebaliknya," ujarnya.**

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: