Prancis Gandeng PT PAL Bangun Kapal Selam Scorpene Envolved

Prancis Gandeng PT PAL Bangun Kapal Selam Scorpene Envolved

--

NASIONAL, PALPOS.ID-Naval Group, produsen kapal perang Prancis yang terkenal, telah menggandeng PT PAL Indonesia untuk membangun kapal selam terbaru, Scorpene Evolved.

Kerja sama ini bertujuan untuk memperkuat pertahanan Indonesia dengan menambah jumlah kapal selam di perairan Nusantara.

PT PAL telah menunjukkan kesiapannya dalam memproduksi kapal selam dengan sarana dan tenaga ahli yang dimilikinya.

BACA JUGA:Turki Uji Coba Radar AESA Buatannya pada Jet Tempur F-16 Angkatan Udara Turki

BACA JUGA:Fincantieri Menandatangani Kontrak Pengiriman Dua Kapal PPA untuk Indonesia

Kunjungan para pimpinan Naval Group ke fasilitas PT PAL di Surabaya, Jawa Timur, memperlihatkan potensi besar yang dimiliki oleh PT PAL dalam membangun kapal selam.

Sebanyak 93 persen fasilitas PT PAL dapat dimanfaatkan untuk memproduksi kapal selam Scorpene, hanya memerlukan tambahan fasilitas produksi untuk tujuh komponen saja.

Scorpene Evolved menjanjikan keunggulan dengan penggunaan full lithitum-ion batteries (LIB), yang memungkinkannya untuk memiliki endurance lebih lama dibandingkan varian sebelumnya.

BACA JUGA:China Menguji Pesawat Peringatan Dini Lintas Udara Taktis yang Baru

BACA JUGA:Kisah Si Hiu Macan F-20 Tigershark, Pesawat Tempur yang Bernasib Buruk

Dengan kemampuan menyelam selama 80 hari dan jangkauan operasional lebih dari 8.000 mil laut, kapal selam ini menjadi salah satu yang paling canggih di dunia.

Namun, pembangunan kapal selam ini membutuhkan tenaga kerja yang besar, diperkirakan dua kali lipat dari pembangunan kapal selam sebelumnya.

Proses pembangunan kapal selam Scorpene diperkirakan akan memakan waktu enam hingga tujuh tahun setelah kontrak ditandatangani.

BACA JUGA:Rusia Tunda Pengiriman Rudal S-400 ke Indiai Demi Prioritaskan Kebutuhan Pasukannya di Ukrania

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: