Tahun 2024 PT Bukit Asam Targetkan Produksi Batu Bara 41,3 Juta Ton untuk Perkuat Energi Nasional

Tahun 2024 PT Bukit Asam Targetkan Produksi Batu Bara 41,3 Juta Ton untuk Perkuat Energi Nasional

PT Bukit Asam Targetkan Produksi Batu Bara 41,3 Juta Ton --

PALEMBANG, PALPOS.ID – Dalam upaya memperkuat ketahanan energi nasional, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menargetkan produksi batu bara sebesar 41,3 juta ton pada tahun 2024.

Hingga triwulan pertama tahun ini, perusahaan telah mencapai produksi sebesar 7,3 juta ton, mencatatkan pertumbuhan 7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Kenaikan produksi ini juga diiringi dengan peningkatan pasokan untuk kebutuhan dalam negeri (Domestic Market Obligation/DMO), yang mencapai 5,9 juta ton atau tumbuh 14 persen secara tahunan.

"Perusahaan mengoptimalkan berbagai upaya agar dapat mencapai target yang telah ditetapkan, terutama untuk menjaga ketahanan energi nasional," ujar Niko Chandra, Corporate Secretary PT Bukit Asam Tbk (PTBA).

BACA JUGA:Target Net Zero Emission, PTBA Manfaatkan Lahan Bekas Tambang untuk Pengembangan PLTS

Untuk mencapai target ambisius ini, PTBA melakukan pembersihan lahan di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) Operasi Produksi Banko Barat, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim.

Kegiatan ini sesuai dengan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) serta Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) yang telah disetujui oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Kerja sama dengan PT Bumi Sawindo Permai (PT BSP) juga dilakukan dalam rangka optimalisasi lahan. PT BSP adalah pemegang Sertifikat Hak Guna Usaha (SHGU) Nomor 2 Tahun 1994 yang diterbitkan oleh Badan Pertanahan Nasional.

Niko Chandra menambahkan,  PTBA terus memantau perkembangan pasar dan faktor eksternal lainnya seperti harga batu bara dan dinamika harga komoditas energi lainnya.

BACA JUGA:Prajogo Pangestu: Sosok Pengusaha Terkaya di Indonesia Mencapai Posisi Ke-25 Dunia di Daftar Forbes

"Kami senantiasa siap menghadirkan energi tanpa henti untuk negeri. Perusahaan juga fokus menjalankan praktik penambangan berkelanjutan, sesuai dengan visi perusahaan yaitu menjadi perusahaan energi kelas dunia yang peduli lingkungan," tutupnya.

Dengan langkah-langkah strategis ini, PTBA berkomitmen untuk memastikan suplai energi yang stabil bagi Indonesia, sambil menjaga kelestarian lingkungan dan berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan.**

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: