Pemekaran Wilayah Kalimantan Barat: Potensi Sumber Daya Alam Calon Otonomi Baru Provinsi Sambas Raya

Pemekaran Wilayah Kalimantan Barat: Potensi Sumber Daya Alam Calon Otonomi Baru Provinsi Sambas Raya

Pemekaran Wilayah Kalimantan Barat: Potensi Sumber Daya Alam Calon Otonomi Baru Provinsi Sambas Raya.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Pengelolaan yang berkelanjutan dapat membawa wilayah ini ke tingkat yang lebih tinggi dalam industri perikanan dan kelautan. 

Potensi ini akan meningkatkan kontribusi Ketapang dalam menyediakan pangan bagi penduduk lokal dan juga dapat berkontribusi dalam perekonomian nasional.

Dengan perairan yang kaya akan sumber daya laut, sektor perikanan di Ketapang memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

Pengembangan industri perikanan yang modern dan berkelanjutan dapat meningkatkan produksi ikan dan hasil laut lainnya, yang tidak hanya mencukupi kebutuhan lokal tetapi juga diekspor ke pasar internasional. 

Program pelatihan bagi nelayan dan pengembangan teknologi perikanan juga menjadi kunci sukses dalam sektor ini.

4. Sumber Daya Manusia

Wilayah pemekaran harus didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas dan terampil. 

Ketapang memiliki potensi besar dalam pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan. 

Fokus pada pendidikan yang berkualitas akan menciptakan generasi muda yang siap bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Pendidikan yang baik adalah fondasi utama bagi pengembangan wilayah. 

Peningkatan kualitas pendidikan di Ketapang melalui pembangunan sekolah-sekolah baru, peningkatan fasilitas pendidikan, serta program pelatihan bagi guru-guru adalah langkah yang harus diambil. 

Selain itu, kerjasama dengan perguruan tinggi dan institusi pelatihan kejuruan akan membantu dalam menciptakan tenaga kerja yang terampil dan siap bersaing. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: