Begini Cara Pemkab OKI untuk Memudahkan Masyarakat Dalam Berobat, Seluruh Puskesmas Diminta Siapkan Diri

Begini Cara Pemkab OKI untuk Memudahkan Masyarakat Dalam Berobat, Seluruh Puskesmas Diminta Siapkan Diri

Pj Bupati OKI, Ir Asmar Wijaya dan OPD terkait foto bersama dalam kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan ILP di RRBS II, Senin, 27 Mei 2024.-Foto : Humas Kominfo OKI-

KAYUAGUNG,PALPOS.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) memiliki cara untuk memudahkan masyarakat dalam berobat atau mendapat pelayanan kesehatan.

Pemerintahan Wilayah Bumi Bende Seguguk yang dipimpin oleh Pj Bupati, Ir Asmar Wijaya tersebut berkomitmen dalam penerapan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer (ILP).

"Dengan integrasi layanan kesehatan, maka akses masyarakat akan semakin mudah untuk dapat layanan kesehatan primer, karena didukung oleh adanya puskesmas, puskesmas pembantu (pustu), dan posyandu yang tersebar sampai ke tingkat," ungkap Asmar, Senin, 27 Mei 2024.

Kemudian tambahnya, sebagaimana amanat Menteri Kesehatan tentang petunjuk Teknis Pelayanan Kesehatan Primer, semua puskesmas wajib menerapkan ILP.

BACA JUGA:Masyarakat Sungai Sodong Sampaikan Orasi, Sebut Tidak Terlibat dalam Dugaan OTD Tembaki Pekerja Kebun PT SWA

BACA JUGA:Woow ! Diduga OTD Bersenjata Api Tembaki Pekerja Kebun di Sungai Sodong OKI

"Saya minta untuk seluruh puskesmas di Kabupaten OKI dapat mempersiapkan diri agar dapat melaksanakan kebijakan ini. Saya juga menegaskan penyelengaraan ILP tidak hanya menjadi tangungjawab dari sektor kesehatan saja," ujarnya.

Tetapi dikatakannya lagi, perlu dukungan dari semua sektor mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan sampai monitoring dan evaluasi. Kegiatan tersebut melibatkan banyak pihak hingga ke tingkat desa/kelurahan, sehingga peran serta aktif masyarakat sangat penting untuk mengoptimalkan implementasinya.

"Saya meminta kepada pemerintah desa/kelurahan untuk mendukung dan membersamai pelaksanaan kebijakan ini. Kader kesehatan dan kader posyandu merupakan unsur masyarakat akan bertugas bersama petugas kesehatan baik di pustu maupun posyandu," tuturnya.

BACA JUGA:Lantik 981 Anggota PPS Pilkada 2024, Ketua KPU OKI Minta PPS Berkomunikasi Baik dengan KPPS

BACA JUGA:Sampaikan Duka Mendalam, Asmar Jenguk Korban Kecelakaan Bus Study Tour Asal SDN OKUT di RSUD Kayuagung

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) OKI, Iwan Setiawan SKM MKes mengemukakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan pertemuan sosialisasi pelaksanaan ILP untuk menyamakan kebijakan pelayanan kesehatan dalam mendukung agenda transformasi sistem kesehatan.

"Dan juga meningkatkan layanan kesehatan melalui jejaring tingkat Kabupaten sampai ke pedesaan. Memperkuat pemanfaatan wilayah setempat melalui digitalisasi dan pemantauan dasbot situasi kesehatan per desa," imbuhnya.

Masih kata dia,  ILP adalah suatu program inovasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang sudah diprogramkan di seluruh kabupaten kota di indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: