Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Calon Otonomi Baru Provinsi Tapanuli Memenuhi Syarat PP 78 Tahun 2007

Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Calon Otonomi Baru Provinsi Tapanuli Memenuhi Syarat PP 78 Tahun 2007

Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Calon Otonomi Baru Provinsi Tapanuli Memenuhi Syarat PP 78 Tahun 2007.-Palpos.id-Foto : Tangkapan Layar Youtube @jojo hutagalung

SUMATERA UTARA, PALPOS.ID - Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Calon Otonomi Baru Provinsi Tapanuli Memenuhi Syarat PP 78 Tahun 2007.

Pemekaran wilayah di Indonesia selalu menjadi topik yang hangat diperbincangkan, terutama ketika berkaitan dengan peningkatan efisiensi administrasi dan pemerataan pembangunan. 

Salah satu wilayah yang sedang dalam sorotan adalah Sumatera Utara, di mana terdapat wacana pembentukan provinsi baru, yaitu Provinsi Tapanuli, yang dianggap telah memenuhi syarat berdasarkan PP 78 Tahun 2007.

Sejarah dan Konteks Wilayah Sumatera Utara

Sumatera Utara, dengan ibu kota di Kota Medan, merupakan provinsi dengan luas wilayah mencapai 72.981,23 km² dan jumlah penduduk terbanyak keempat di Indonesia. 

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Pembentukan Otonomi Baru Provinsi Kepulauan Nias Demi Keutuhan NKRI

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Usulan Pembentukan Otonomi Baru Kabupaten Simalungun Hantaran

Provinsi ini memiliki sejarah panjang yang bermula dari masa pemerintahan kolonial Belanda, di mana Sumatera Utara menjadi bagian dari Government Van Sumatera yang meliputi seluruh Pulau Sumatera. 

Pada tahun 1948, berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1948, Provinsi Sumatera dibagi menjadi tiga provinsi berbeda, salah satunya adalah Sumatera Utara.

Sumatera Utara terbentuk dari penggabungan tiga daerah administratif yang disebut karesidenan: Karesidenan Aceh, Karesidenan Sumatera Timur, dan Karesidenan Tapanuli. 

Pada tahun 1956, melalui Undang-Undang RI Nomor 24 tahun 1956, dibentuklah daerah otonom Provinsi Aceh, sehingga wilayah Provinsi Sumatera Utara pun menyusut dengan keluarnya Provinsi Aceh sebagai daerah otonom sendiri.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Usulan Pembentukan Otonomi Baru Kabupaten Bandar Pulau

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Usulan Pembentukan Otonomi Baru Kabupaten Karo Ertuah

Wilayah Sumatera Utara sangat beragam, mulai dari pesisir timur yang pesat perkembangannya, Pegunungan Bukit Barisan yang memiliki kantong-kantong konsentrasi penduduk, hingga pesisir barat dan Kepulauan Nias yang memiliki tantangan geografis tersendiri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: