Pj Wali Kota Palembang Tinjau Pasar 16 Ilir: Tata Ruang Jadi Sorotan

Pj Wali Kota Palembang Tinjau Pasar 16 Ilir: Tata Ruang Jadi Sorotan

Pj Wali Kota Ucok Abdul Rauf Langsung Cek Pasar Pasar 16 Ilir--

PALEMBANG, PALPOS.IDUcok Abdul Rauf Damenta, Penjabat (Pj) Wali Kota Palembang, langsung melakukan inspeksi ke Pasar 16 Ilir, pasar tertua di Palembang, pada Rabu 19 Juni 2024 .

Inspeksi ini dilakukan setelah Ucok Abdul Rauf menggantikan Ratu Dewa yang kembali menjabat sebagai Sekda Kota Palembang.

Ucok Abdul Rauf, yang sebelumnya menjabat sebagai Inspektur II Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), berkeliling dan mengecek kondisi Pasar 16 Ilir.

Pasar yang dikenal sebagai pasar paling padat ini mendapat perhatian khusus dari Pj Wali Kota.

BACA JUGA:Baru Dilantik, Pj Walikota Palembang Ucok Abdul Rauf Damenta Siapkan Program Priotas

“Dari tinjauan ini perlu kita rapikan lagi, aspek Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Tata Ruang. Ada beberapa yang harus kita tempatkan dengan benar,” tegasnya.

Ucok Abdul Rauf menekankan pentingnya mengembalikan Pasar 16 Ilir menjadi pasar yang ideal.

Ia ingin pasar terbesar dan tertua ini juga menjadi ruang publik yang nyaman bagi pengunjung, pedagang, dan pembeli untuk melakukan transaksi.

“Pasar ini sangat ikonik menghadap Sungai Musi. Tentu akan sangat indah, hanya saja belum masuk dalam kategori pasar ideal. Tentunya masih banyak yang harus kita benahi,” ujarnya.

BACA JUGA:Ratu Dewa Kembali Jabat Sekda Palembang, Siapkan Pensiun Dini Sebagai ASN

Namun, menurutnya, untuk saat ini dirinya belum berani melakukan revitalisasi besar-besaran pada Pasar 16 Ilir.

“Kalau namanya revitalisasi itu membutuhkan waktu yang panjang. Jadi, untuk saat ini perlulah sedikit sentuhan pembersihan untuk mempercantik dari seluruh aspek, bahkan perlunya pencahayaan di Pasar 16 Ilir ini,” jelasnya.

Ucok juga mengungkapkan bahwa dengan sedikit sentuhan ini, masalah seperti banjir dan sampah bisa diatasi dengan lebih mudah.

“Ini pasar yang besar, nanti kita juga akan mengecek pasar-pasar tradisional yang lebih kecil,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: