Bahaya Tidur dengan Rambut Basah: Kenali Risikonya dan Cara Menghindarinya

Bahaya Tidur dengan Rambut Basah: Kenali Risikonya dan Cara Menghindarinya

Bahaya Tidur dengan Rambut Basah: Kenali Risikonya dan Cara Menghindarinya. fhoto : Pixabay.com---

KESEHATAN, PALPOS.ID- Tidur dengan rambut masih basah sering kali menjadi kebiasaan bagi banyak orang, terutama ketika mereka mandi di malam hari. Namun, praktik ini sebenarnya bisa memiliki berbagai dampak negatif pada kesehatan rambut dan kulit kepala, serta berpotensi menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Berikut adalah penjelasan mengenai efek tidur dengan rambut basah dan tips untuk menghindari risiko yang terkait.

1. Kerusakan Rambut

Rambut yang basah lebih rentan terhadap kerusakan. Saat tidur dengan rambut basah, gesekan antara rambut dan bantal dapat menyebabkan kutikula rambut (lapisan pelindung luar) menjadi rusak. Hal ini bisa mengakibatkan rambut bercabang, patah, dan menjadi kusut. Selain itu, rambut yang basah lebih mudah patah karena lebih elastis dan rapuh dibandingkan rambut kering.

2. Infeksi Kulit Kepala

Tidur dengan rambut basah dapat menciptakan lingkungan lembab yang ideal untuk pertumbuhan bakteri dan jamur di kulit kepala. Kondisi ini dapat menyebabkan infeksi kulit kepala seperti dermatitis seboroik, yang ditandai dengan kulit kepala yang gatal, kemerahan, dan berketombe. Infeksi jamur seperti tinea capitis juga bisa terjadi akibat kelembapan berlebih.

BACA JUGA:Jalan Kaki vs. Lari: Pilih Mana untuk Kesehatan Optimal?

BACA JUGA:Lindungi Mata Anda: 8 Tips Ampuh untuk Menjaga Kesehatan Mata dari Penggunaan HP dan Komputer

3. Ketombe

Kelembapan yang tertahan di kulit kepala karena tidur dengan rambut basah dapat menyebabkan ketombe. Ketombe muncul akibat pertumbuhan berlebih jamur Malassezia yang hidup di kulit kepala. Ketika kulit kepala terlalu lembab, jamur ini berkembang biak lebih cepat, menyebabkan pengelupasan kulit kepala yang berlebihan.

4. Sakit Kepala

Beberapa orang melaporkan mengalami sakit kepala setelah tidur dengan rambut basah. Ini mungkin disebabkan oleh perubahan suhu tubuh yang tiba-tiba saat kulit kepala yang basah menyentuh bantal yang dingin. Perubahan suhu ini dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah di kulit kepala, yang pada akhirnya bisa memicu sakit kepala.

5. Ketegangan Otot Leher

Rambut basah yang menyentuh bantal saat tidur bisa menyebabkan kelembapan meresap ke dalam bantal. Ini dapat membuat bantal menjadi dingin dan lembab, yang dapat menyebabkan ketegangan otot leher dan bahu karena posisi tidur yang tidak nyaman.

BACA JUGA:Rahasia Kesehatan dari Kaki Ayam: Manfaat Tersembunyi yang Wajib Anda Ketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: