Pemekaran Wilayah Sulawesi Tenggara: Usulan Empat Calon Kabupaten dan Kota Baru Terus Bergulir

Pemekaran Wilayah Sulawesi Tenggara: Usulan Empat Calon Kabupaten dan Kota Baru Terus Bergulir

Pemekaran Wilayah Sulawesi Tenggara: Usulan Empat Calon Kabupaten dan Kota Baru Terus Bergulir.-Palpos.id-Foto : Tangkapan layar Youtube @ data fakta

Sebanyak 12 kecamatan yang bergabung adalah Laonti, Moramo, Moramo Utara, Wolasi, Kolono, Kolono Timur, Konda, Ranomeeto, Ranomeeto Barat, Landono, Mowila, dan Sabulakoa. 

Konawe Timur berada dalam gugusan Pulau-Pulau di bagian Timur Provinsi Sulawesi Tenggara, dengan perairan laut yang strategis karena dilalui oleh jalur pelayaran kawasan timur dan barat Indonesia. 

Konawe Timur memiliki potensi sumber daya keragaman hayati kelautan dan perikanan yang cukup besar.

4. Kota Raha

Kota Raha termasuk dalam 19 Calon DOB yang masuk dalam Amanat Presiden (Ampres) tahun 2012. 

BACA JUGA: Luar Biasa ! Pemandian Air Panas Wawolesea,Bagaikan Surga Tersembunyi di Sulawesi Tenggara

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, Ibukota Kabupaten Muna Bakal Pindah Dari Kota Raha

Perjuangan untuk memekarkan Kota Raha dari induknya Kabupaten Muna kini disuarakan kembali. 

Wilayah yang masuk dalam rencana DOB Kota Raha mencakup Kecamatan Katobu, Batalaiworu, Lohia, Watopute, Duruka, Kontunaga, Lasalepa, Napabalano, dan Towea. 

Kota Raha menyimpan potensi wisata alam yang akan memanjakan mata saat mengunjunginya, serta memiliki wisata bangunan bersejarah.

Langkah-Langkah Pemekaran Wilayah

Pemekaran wilayah di Sulawesi Tenggara tidak hanya bertujuan untuk memperluas area administratif, tetapi juga untuk mendekatkan layanan pemerintahan kepada masyarakat. 

Proses pemekaran ini melibatkan berbagai langkah strategis, mulai dari kajian akademis, dukungan dari pemerintah pusat dan daerah, hingga peran serta masyarakat dalam mendukung pembentukan DOB baru. 

Pemerintah daerah berharap bahwa dengan adanya pemekaran ini, pembangunan infrastruktur, akses pendidikan, layanan kesehatan, dan peluang ekonomi di daerah-daerah tersebut dapat meningkat secara signifikan.

Tantangan dan Harapan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: