Pemekaran Wilayah Provinsi Jambi: Usulan Pembentukan Dua Kabupaten Daerah Otonomi Baru dari Pemekaran Merangin

Pemekaran Wilayah Provinsi Jambi: Usulan Pembentukan Dua Kabupaten Daerah Otonomi Baru dari Pemekaran Merangin

Pemekaran Wilayah Provinsi Jambi: Usulan Pembentukan Dua Kabupaten Daerah Otonomi Baru dari Pemekaran Merangin.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

1. Kabupaten Tabir Raya

Usulan pembentukan Kabupaten Tabir Raya sudah diperjuangkan sejak 10 tahun lalu. 

Delapan kecamatan telah menyatakan kesiapan untuk bergabung dengan kabupaten ini, yaitu Kecamatan Tabir, Margo Tabir, Tabir Lintas, Tabir Selatan, Tabir Ulu, Tabir Ilir, Tabir Timur, dan Tabir Barat. 

Rencana ibu kota Kabupaten Tabir Raya nantinya akan berada di Kecamatan Tabir.

Setelah pemekaran, Kabupaten Tabir Raya akan memiliki luas wilayah sekitar 2.000 kilometer persegi dengan jumlah penduduk lebih dari 111 ribu jiwa. 

BACA JUGA:Listrik 2,5 Juta Pelanggan Sudah Menyala, PLN Lakukan Penormalan Sistem Kelistrikan di Sumsel, Jambi, Bengkulu

BACA JUGA:Percepatan Pengalihan PI 10 Persen Wilayah Kerja Jambi Merang, Audiensi Bersama Dirut PT Pertamina Hulu Energi

Ketua Komisi I DPRD Jambi, Nasri Umar, menyatakan bahwa usulan pembentukan Kabupaten Tabir Raya telah disetujui oleh DPRD Jambi dan tinggal diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Wakil Gubernur Jambi, Fachrori Umar, juga memberikan dukungan penuh terhadap pembentukan Kabupaten Tabir Raya. 

Menurutnya, pemekaran kabupaten bisa memudahkan pelayanan publik dan merupakan langkah yang wajar mengingat luasnya wilayah Provinsi Jambi.

2. Kabupaten Gunung Masurai

Wacana pembentukan Kabupaten Gunung Masurai berasal dari usulan warga dan tokoh masyarakat Luhak 16 atau wilayah barat Kabupaten Merangin. 

BACA JUGA:Sukses Merantau di Kota Hujan Provinsi Jawa Barat: Kisah Bang Zaky Sang Pengusaha Dodongkal dari Jambi

BACA JUGA:Ke Jambi Belum Lengkap Kalau Belum ke Danau Pauh, Rekomendasi Wisata Untuk Liburan Akhir Tahun

Enam kecamatan yang siap bergabung dengan Kabupaten Gunung Masurai adalah Kecamatan Tiang Pumpung, Renah Pemberap, Lembah Masurai, Jangkat Timur, Jangkat, dan Muara Siau. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: