Pemekaran Wilayah Sumatera Barat: Usulan Pembentukan Kabupaten Daerah Otonomi Baru Kabupaten Lima Puluh Kota

Pemekaran Wilayah Sumatera Barat: Usulan Pembentukan Kabupaten Daerah Otonomi Baru Kabupaten Lima Puluh Kota

Pemekaran Wilayah Sumatera Barat: Usulan Pembentukan Kabupaten Daerah Otonomi Baru dari Kabupaten Lima Puluh Kota.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

SUMATERA BARAT, PALPOS.ID - Pemekaran Wilayah Sumatera Barat: Usulan Pembentukan Kabupaten Daerah Otonomi Baru Kabupaten Lima Puluh Kota.

Provinsi Sumatera Barat kembali mencuatkan isu pemekaran wilayah dengan usulan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) dari Kabupaten Lima Puluh Kota. 

Usulan ini didasarkan pada berbagai alasan, mulai dari pemerataan pembangunan hingga keinginan masyarakat setempat yang merasa dianaktirikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lima Puluh Kota.

Latar Belakang Usulan Pemekaran

Pemekaran wilayah ini bukanlah hal baru di Provinsi Sumatera Barat. 

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Sumatera Barat: Perjuangkan Pembentukan Daerah Otonomi Baru Kabupaten Renah Indojati

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Sumatera Barat: Usulan Pembentukan Daerah Otonomi Baru Kabupaten Agam Tuo Menggelinding

Beberapa daerah lain di provinsi ini juga telah mengusulkan pembentukan kabupaten baru untuk meningkatkan efisiensi pemerintahan dan kesejahteraan masyarakat. 

Kabupaten Lima Puluh Kota yang memiliki luas wilayah mencapai 3.355 kilometer persegi dan jumlah penduduk lebih dari 384 ribu jiwa berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2019, dianggap memenuhi kriteria untuk dipecah menjadi dua kabupaten.

Meskipun usulan ini telah mendapat dukungan dari masyarakat dan tokoh setempat, hingga kini belum ada nama resmi yang ditetapkan untuk kabupaten baru tersebut. Hal ini masih menjadi bahan diskusi di antara pemangku kepentingan.

Dukungan dan Aspirasi Masyarakat

Sebanyak 7 dari 13 kecamatan di Kabupaten Lima Puluh Kota menyatakan siap untuk bergabung dengan kabupaten baru hasil pemekaran nantinya. Kecamatan-kecamatan tersebut adalah:

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Sumatera Barat: Muncul Usulan Pembentukan Daerah Otonomi Baru Kabupaten Pasaman Utara

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Sumatera Barat: Pembentukan Lima Kabupaten Daerah Otonomi Baru Semakin Mendesak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: