Transformasi Digital: Tokopedia dan KemenkopUKM RI Luncurkan Program MikroEx Challenge di Sumsel

 Transformasi Digital: Tokopedia dan KemenkopUKM RI Luncurkan Program MikroEx Challenge di Sumsel

--

BACA JUGA: Penyaluran Pembiayaan BCA Syariah Tembus Rp9,5 Triliun, Dukung UMKM dan Sektor Komersial

Program ini memberikan pelatihan komprehensif kepada para mentor mengenai aspek-aspek penting dalam berbisnis secara digital, termasuk pendampingan terkait perizinan usaha, sertifikasi produk, dan pemanfaatan platform digital.

Para mentor ini akan dilatih untuk membimbing pelaku usaha mikro dalam menerapkan kepatuhan perizinan, serta dalam eskalasi dan ekspansi bisnis melalui platform digital seperti Tokopedia.

Dimas Kuncoro Jati menambahkan bahwa sinergi antara Tokopedia dan KemenkopUKM RI dalam program ini sangat penting.

BACA JUGA: Kolaborasi Bank Sumsel Babel dan UMKM Tingkatkan Popularitas Kopi Sumsel

BACA JUGA:Hak Jawab : Transformasi Bisnis, Kelompok UMKM Lampung Bersinar dengan Omzet Naik 4 Kali Lipat

"Kami yakin bahwa dengan dukungan yang tepat, pelaku usaha mikro dapat memanfaatkan teknologi digital secara optimal. Platform digital seperti Tokopedia telah terbukti membantu banyak pelaku usaha mikro untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkan penjualannya," ujarnya.

Contoh nyata dari dampak positif digitalisasi dapat dilihat dari pengalaman Rizal Maulana, Vice President Aerostreet, dan Tobi Gunawan, pemilik INTHEBOX. Rizal Maulana mengungkapkan bahwa Aerostreet mampu mempertahankan dan meningkatkan penjualannya selama pandemi berkat platform digital.

Tobi Gunawan melaporkan bahwa penjualan INTHEBOX meningkat enam kali lipat setelah menjadi Official Store Tokopedia, menunjukkan bagaimana pemanfaatan platform digital dapat membawa perubahan signifikan bagi bisnis.

BACA JUGA: Digitalisasi Dorong Kemajuan UMKM Sumsel di Pameran Kadin Expo 2024

BACA JUGA:Aplikasi Merchant BCA : Solusi Efektif bagi Pengelolaan Bisnis UMKM !

Muhammad Firdaus, Asisten Deputi Perlindungan dan Kemudahan Usaha Mikro KemenkopUKM RI, menjelaskan bahwa UMKM, termasuk usaha mikro, harus terus beradaptasi untuk menghadapi persaingan di era digital.

"Program MikroEx Challenge adalah salah satu cara kami membantu pelaku usaha mikro untuk naik kelas. Kami bekerja sama dengan Tokopedia untuk melatih para mentor agar mereka dapat memandu usaha mikro dalam memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan kinerja bisnis mereka," kata Muhammad Firdaus.

Program MikroEx Challenge tidak hanya melibatkan pelatihan tetapi juga kompetisi untuk menobatkan mentor, usaha mikro, dan provinsi terbaik.

BACA JUGA:Pertamina Plaju Gagas Kompetisi Inovatif untuk Dorong Pertumbuhan Berkelanjutan UMKM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: