Land4Lives Memperkuat Ketahanan Pangan di Sumatera Selatan Melalui Inisiatif Hijau dan Mitigasi Iklim

Land4Lives Memperkuat Ketahanan Pangan di Sumatera Selatan Melalui Inisiatif Hijau dan Mitigasi Iklim

--

SUMSEL, PALPOS.ID- Perubahan iklim dan degradasi lingkungan telah menjadi tantangan global yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Di Indonesia, dampak dari masalah ini sangat terasa bagi mereka yang bergantung pada ekosistem alami untuk mata pencaharian dan ketahanan pangan mereka.

David Susanto, Provincial Coordinator ICRAF Sumatera Selatan mengatakan, di tengah ancaman tersebut inisiatif Land4Lives, atau #LahanuntukKehidupan.

Berkomitmen untuk menguatkan ketahanan pangan dan penghidupan masyarakat rentan, khususnya perempuan, dalam menghadapi tantangan perubahan iklim.

"Proyek ini telah fokus pada Sumatera Selatan sejak tahun 2021, menggandeng berbagai pihak untuk menciptakan solusi yang berkelanjutan," paparnya.

BACA JUGA:Gambut Sebagai Aset Strategis: Sumsel Fokus Pengelolaan Menanggulangi Perubahan Iklim

BACA JUGA:Kebakaran Lahan Makin Meluas, Tol Palindra Hingga Jalan Lintas Sumatera Diselimuti Asap Tebal

Sumatera Selatan, dengan kekayaan ekosistemnya yang meliputi hutan hujan tropis dan lahan gambut, mengalami dampak signifikan dari perubahan iklim.

Degradasi lingkungan yang disebabkan oleh deforestasi, konversi lahan, dan perubahan penggunaan lahan mengancam mata pencaharian lokal dan ketahanan pangan.

Sementara itu, Radian Fahmi, DLHP Sumatera Selatan menuturkan, Land4Lives muncul sebagai inisiatif yang bertujuan untuk mengatasi masalah ini melalui riset-aksi yang terintegrasi, dengan fokus pada penguatan ketahanan pangan, mitigasi perubahan iklim, dan perlindungan ekosistem.

"Pendekatan yang diambil melibatkan kolaborasi antara pemerintah daerah, organisasi non-pemerintah, dan masyarakat lokal untuk memastikan bahwa solusi yang diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan dan konteks lokal," jelasnya.

BACA JUGA:Hingga September 2023 Karhutla Habiskan 270 Hektare Lahan Kosong di OI

BACA JUGA:Herman Deru Optimis POPNAS XVI Jadi Lahan Prestasi dan Peningkatan Ekonomi Bagi Sumsel

Kerja sama antara Pemerintah Daerah Sumatera Selatan dan Land4Lives telah menghasilkan sejumlah inisiatif penting.

Salah satu inisiatif utama adalah penyusunan Rencana Aksi Daerah Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (RAD-GRK).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: