Land4Lives Memperkuat Ketahanan Pangan di Sumatera Selatan Melalui Inisiatif Hijau dan Mitigasi Iklim

Land4Lives Memperkuat Ketahanan Pangan di Sumatera Selatan Melalui Inisiatif Hijau dan Mitigasi Iklim

--

RAD-GRK yang disusun bersama Bappeda dan Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Sumsel memuat kajian tentang peran agroforestri dalam pemulihan lahan.

Agroforestri, yang mengintegrasikan pohon-pohon dengan sistem pertanian, tidak hanya membantu dalam pemulihan lahan yang terdegradasi tetapi juga memberikan manfaat ekonomi bagi petani.

Ditempat yang sama,  Ariyati, M.PA, Bappeda SumSel mengungkapkan, proyek ini mencakup penyusunan peta lahan terdegradasi dan potensi restorasi bentang lahan.

BACA JUGA: Sumsel Jadi Pusat Pengembangan Budidaya Sapi dengan Pola Siska Berkat Dukungan BPDPKS dan Aspekpir

BACA JUGA:PWNA Sumsel dan KPPPA Dorong Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melalui Program Rencana Aksi Desa

Peta ini penting untuk mengidentifikasi area-area yang memerlukan perhatian khusus dan merencanakan upaya restorasi yang efektif.

"Kajian rencana pertumbuhan ekonomi hijau juga menjadi bagian dari inisiatif ini, yang bertujuan untuk mengembangkan model ekonomi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan," paparnya.

Rencana Restorasi Ekosistem Gambut (RREG) merupakan salah satu komponen penting lainnya dalam proyek ini.

Gambut, yang berfungsi sebagai penyimpan karbon alami, memerlukan perlindungan dan pemulihan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Pendampingan kebijakan Satu Peta (One Map Initiative) juga membantu dalam pengelolaan lahan yang lebih terintegrasi dan efisien.

BACA JUGA:Sumsel Fokus pada Pemberantasan Korupsi: Sosialisasi Percontohan Antikorupsi di Palembang dan Musi Rawas

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi Tandatangani Deklarasi Final Dokumen Materi Teknis Muatan Perairan

Untuk menyebarluaskan pelajaran dari kegiatan-kegiatan di atas serta mengumpulkan masukan dari pemangku kebijakan, akademisi, dan masyarakat sipil, ICRAF Indonesia dan Bappeda Sumsel mengadakan Ekspose Land4Lives Sumatera Selatan dengan tajuk “Membangun Masa Depan Hijau: Merajut Penghidupan Tangguh Iklim untuk Pembangunan Rendah Karbon di Sumatera Selatan.”

Ekspose ini akan diselenggarakan pada 22 Agustus 2024 di hotel Aryaduta Palembang.

Kegiatan satu hari ini bertujuan untuk memaparkan hasil dan dampak dari berbagai inisiatif Land4Lives serta membahas langkah-langkah ke depan.

PJ Gubernur Sumsel, yang diwakili oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan, Drs. H. Koimudin, S.H., M.M., akan membuka acara tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: