Mendikbud Nadiem Makarim Minta Tambahan Anggaran Rp26 Triliun: Untuk PIP hingga Tunjangan Guru

Mendikbud Nadiem Makarim Minta Tambahan Anggaran Rp26 Triliun: Untuk PIP hingga Tunjangan Guru

Mendikbud Nadiem Makarim Minta Tambahan Anggaran Rp26 Triliun: Untuk PIP hingga Tunjangan Guru.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

PALPOS.ID - Mendikbud Nadiem Makarim Minta Tambahan Anggaran Rp26 Triliun: Untuk PIP hingga Tunjangan Guru.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim telah mengajukan permintaan tambahan pagu anggaran sebesar Rp 26,44 triliun untuk tahun 2025 kepada Komisi X DPR RI. 

Pengajuan ini dilakukan dalam rapat yang berlangsung di Gedung DPR, Senayan, Jakarta pada Jumat, 6 September 2024.

Anggaran tambahan tersebut diusulkan untuk memperkuat berbagai program prioritas di sektor pendidikan, termasuk Program Indonesia Pintar (PIP), Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK), serta tunjangan bagi guru dan dosen di seluruh Indonesia.

BACA JUGA:Perkuat Sinergi Bidang Pendidikan, PLN UID S2JB Tandatangan MoU dengan Universitas Palembang

BACA JUGA:Semangat Menempuh Pendidikan, Warga Binaan Lapas Sekayu Ikuti Sekolah Kejar Paket

Pagu Anggaran Kemendikbud 2025

Saat ini, pagu anggaran tahun 2025 untuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah ditetapkan sebesar Rp 83,19 triliun.

Namun, dengan penambahan anggaran yang diajukan sebesar Rp 26,44 triliun, total anggaran yang diusulkan oleh Nadiem akan mencapai Rp 109,63 triliun. 

Dalam penjelasannya, Nadiem mengungkapkan optimismenya bahwa usulan ini akan disetujui mengingat besarnya kebutuhan dan urgensi dari berbagai program pendidikan yang tengah berlangsung.

"Pagu anggaran TA 2025 Kemendikbud ditetapkan sebesar Rp 83,19 triliun. Untuk memastikan terlaksananya program-program penting, Kemendikbud mengajukan usulan tambahan anggaran sebesar Rp 26,44 triliun," jelas Nadiem Makarim.

BACA JUGA: Cita-Cita Tinggi dan Pendidikan Berkualitas: Pertamina Gelar PEN 7.0 di Plaju untuk Siswa SD

BACA JUGA:Komitmen Mendukung Pendidikan dan Pengembangan SDM, PHRZ 4 Laksanakan PEN 7.0

Dia juga menegaskan bahwa penambahan anggaran ini sangat diperlukan untuk menjaga kelangsungan berbagai program yang memiliki dampak langsung bagi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: