Dirjen Imigrasi apresiasi inovasi layanan paspor di Palembang, salah satunya Si Ampera

Dirjen Imigrasi apresiasi inovasi layanan paspor di Palembang, salah satunya Si Ampera

--

INFORIAL, PALPOS.ID-Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Silmy Karim memberikan apresiasi tinggi terhadap inovasi layanan paspor yang dikembangkan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Palembang, Sumatera Selatan.

Dalam kunjungannya ke kantor tersebut pada hari Minggu, 15 September, Silmy Karim memuji berbagai langkah modernisasi yang diterapkan, terutama peluncuran layanan drive thru terbaru yang diberi nama 'Si Ampera Bertanjak.'

"Setelah melihat kondisi gedung dan pelayanan paspor serta keimigrasian lainnya di Palembang, saya merasa cukup puas. Saya sangat mengapresiasi inovasi yang sedang dikembangkan, terutama layanan paspor drive thru yang dinamakan 'Si Ampera Bertanjak'. Inovasi ini adalah contoh nyata dari adaptasi teknologi dan kreativitas dalam pelayanan publik yang perlu didukung sepenuhnya dari pusat," ujar Silmy Karim.

Inovasi 'Si Ampera Bertanjak' merupakan akronim dari Sistem Imigrasi Ambil Paspor Segera Tanpa Beranjak, sebuah layanan yang memungkinkan masyarakat untuk mengurus paspor baru atau memperpanjang paspor yang sudah ada tanpa harus keluar dari kendaraan mereka.

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Sumsel Apresiasi Dapur Lapas Muara Dua

BACA JUGA:Delapan Atlet Kemenkumham Sumsel Siap Berlaga pada Kejurnas Kempo 2024

Konsep drive thru ini dirancang untuk mempermudah dan mempercepat proses administrasi, sehingga memberikan kenyamanan lebih bagi pemohon.

Komitmen Inovasi di Tingkat Daerah Silmy Karim menekankan bahwa setiap Unit Pelaksana Teknis (UPT) atau satuan kerja (satker) keimigrasian di daerah harus terus melakukan pengembangan inovasi pelayanan yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan kondisi lokal.

"Kita harus selalu mengikuti perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat setempat. Inovasi seperti 'Si Ampera Bertanjak' adalah langkah yang sangat positif dan patut dicontoh oleh kantor imigrasi lainnya di seluruh Indonesia," tambah Silmy Karim.

Sementara itu, Ilham Djaya, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sumatera Selatan yang turut mendampingi Silmy Karim, menyampaikan komitmennya untuk terus memotivasi pejabat dan pegawai di dua kantor imigrasi yang ada di provinsi ini.

BACA JUGA: Penyuluh Hukum Kemenkumham Sumsel Edukasi Terkait Kadarkum di Kelurahan Plaju Ulu

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Ajak Jajaran Kenali Potensi, Maksimalkan Performa Diri

"Kami terus memotivasi jajaran kantor imigrasi untuk mengembangkan inovasi guna meningkatkan kualitas pelayanan publik. Kami ingin agar masyarakat dapat terlayani dengan baik, puas, dan tanpa keluhan, bahkan mencapai 'zero complaint'," ujar Ilham.

Berbagai Inovasi Pelayanan di Kantor Imigrasi Palembang Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Khairil Mirza, menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan layanan keimigrasian dalam beberapa tahun terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: