Dirjen Imigrasi apresiasi inovasi layanan paspor di Palembang, salah satunya Si Ampera

Dirjen Imigrasi apresiasi inovasi layanan paspor di Palembang, salah satunya Si Ampera

--

"Kami terus berusaha melakukan pengembangan inovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Inovasi ini termasuk layanan-layanan seperti SIGEP (Siap Nganter Paspor), Garsun (Gari ke Dusun), Si Gita (Digitalisasi Arsip), Celimpungan (Cek Alur Proses Permohonan dan Pengambilan Paspor), dan Si Bangkit (Inovasi Pembuatan Paspor untuk Membantu Orang Sakit)," jelas Mirza.

Inovasi terbaru yang sedang disiapkan untuk peluncuran adalah layanan drive thru, 'Si Ampera Bertanjak', yang mengintegrasikan elemen lokal dalam desainnya.

BACA JUGA: Pastikan Kondusifitas, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Tinjau Rutan Baturaja

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Lakukan Verifikasi Bantuan Hukum di Musi Banyuasin

Nama 'Si Ampera Bertanjak' diambil dari Jembatan Ampera, ikon kota Palembang, serta Tanjak, penutup kepala tradisional, sebagai simbol dari keterhubungan dengan budaya lokal.

"Pelayanan drive thru ini diharapkan dapat mempermudah proses pengurusan paspor bagi masyarakat tanpa harus meninggalkan kendaraan mereka. Ini adalah bagian dari upaya kami untuk meningkatkan efisiensi dan memberikan kenyamanan maksimal kepada pemohon," tambah Mirza.

Manfaat dan Dampak Inovasi terhadap Masyarakat Inovasi layanan drive thru ini diharapkan akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat di Kota Palembang dan daerah sekitarnya.

Dengan meminimalkan waktu yang diperlukan untuk mengurus paspor, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah mengakses layanan keimigrasian.

BACA JUGA: Gelar Supervisi Pagu Anggaran TA. 2025, Kemenkumham Sumsel Dorong Peningkatan Kualitas Perencanaan dan Pengan

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Gelar Sosialisasi untuk Tingkatkan Kesadaran Legalitas Produk UMKM

"Kami percaya bahwa dengan adanya layanan drive thru ini, proses administrasi akan menjadi lebih cepat dan efisien. Ini adalah salah satu cara kami untuk menunjukkan bahwa kami peduli dengan kenyamanan dan kepuasan masyarakat," kata Mirza.

Selain itu, dengan adanya berbagai inovasi lain seperti SIGEP, Garsun, dan Si Gita, Kantor Imigrasi Palembang telah menunjukkan komitmennya untuk selalu mencari cara-cara baru dalam meningkatkan kualitas layanan.

"Inovasi-inovasi ini tidak hanya mempermudah masyarakat dalam mengurus dokumen keimigrasian, tetapi juga meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pelayanan publik," imbuh Mirza.

Kesimpulan Kunjungan Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham Silmy Karim ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang dan apresiasinya terhadap berbagai inovasi layanan paspor menandai langkah positif dalam upaya modernisasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik di bidang keimigrasian.

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Sosialisasikan Legalitas Produk dan Badan Usaha ke Pelaku UMKM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: