Balai Karantina Pastikan Kopi Pagaralam Bebas OPTK: Perdana Ekspor ke Malaysia Melalui Pelabuhan Boom Baru

Balai Karantina Pastikan Kopi Pagaralam Bebas OPTK: Perdana Ekspor ke Malaysia Melalui Pelabuhan Boom Baru

Balai Karantina Pastikan Kopi Pagaralam Bebas OPTK: Perdana Ekspor ke Malaysia Melalui Pelabuhan Boom Baru.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk memperluas akses pasar internasional bagi para pelaku usaha lokal, terutama di sektor pertanian.

“Kami terus berupaya untuk memperkuat posisi Sumatera Selatan sebagai salah satu provinsi dengan potensi ekspor terbesar di Indonesia. Melalui sinergi antara pemerintah, pelaku usaha, dan instansi terkait, kami yakin bahwa Sumsel akan terus berkembang sebagai produsen komoditas unggulan yang diminati pasar global,” ungkap Kepala Dinas Perdagangan Sumatera Selatan.

Kopi Pagaralam, Andalan Baru Ekspor Sumsel

Dengan keberhasilan ekspor perdana kopi Pagaralam ke Malaysia, Sumatera Selatan menunjukkan bahwa provinsi ini memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu pemain utama di pasar kopi dunia. 

Dukungan penuh dari Karantina Sumsel, pemerintah daerah, serta kolaborasi lintas instansi telah membuktikan bahwa produk lokal dapat bersaing di pasar internasional asalkan kualitasnya terjaga dan sesuai standar yang ditetapkan.

Ke depan, diharapkan ekspor kopi Pagaralam dapat terus meningkat dan merambah pasar-pasar baru di berbagai negara. 

Dengan demikian, Sumatera Selatan akan semakin dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi unggulan di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: