Momen Bersejarah: Mengenang Uang Pecahan Rp 10.000 di Museum SMB II

Momen Bersejarah: Mengenang Uang Pecahan Rp 10.000 di Museum SMB II

--

BISNIS, PALPOS.ID- Bank Indonesia (BI) Sumatera Selatan (Sumsel) baru saja melaksanakan acara memorabilia untuk uang pecahan Rp 10.000 yang dikeluarkan pada tahun 2005. Acara ini digelar di Museum Negeri Sumsel, yang dikenal sebagai Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, yang juga menjadi ikon budaya dan sejarah Palembang.

Acara ini menarik perhatian banyak masyarakat, terutama bagi mereka yang memiliki kenangan tersendiri dengan uang pecahan yang menampilkan gambar Rumah Limas dan pahlawan Sumsel, Sultan Mahmud Badaruddin II.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor BI Sumsel, Ricky P Gozali, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kesempatan luar biasa untuk mengenang desain uang yang sangat kental dengan identitas daerah.

“Sumsel memiliki kesempatan luar biasa dalam pencetakan uang pecahan Rp 10.000. Pada uang emisi 2005 ini, terdapat gambar Rumah Limas dan pahlawan dari Sumsel, yakni Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang,” ungkap Ricky.

BACA JUGA: Bank Indonesia Sumsel Menargetkan 27 Juta Transaksi Digital di 2024

BACA JUGA:Hoaks Uang Baru Bergambar Sri Mulyani: Bank Indonesia Beri Klarifikasi Resmi

Uang pecahan Rp 10.000 ini, meski telah dicabut dari peredaran sejak tahun 2016, tetap memiliki nilai historis dan sentimental bagi masyarakat.

Ricky menjelaskan, melalui acara ini, BI Sumsel ingin meningkatkan rasa cinta masyarakat terhadap tanah air, terutama kepada budaya dan adat yang ada di Sumsel.

Kegiatan ini tidak hanya berfungsi sebagai pengingat sejarah, tetapi juga sebagai strategi untuk mendorong pariwisata di Sumsel.

Ricky menekankan pentingnya Rumah Limas sebagai simbol budaya yang kini dapat diakses oleh wisatawan.

“Dengan mengenalkan keunikan Rumah Limas yang ditampilkan di uang pecahan ini, diharapkan akan menarik lebih banyak orang untuk berkunjung dan mengenal lebih jauh budaya Sumsel,” ujarnya.

BACA JUGA:Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan Menggelar Peluncuran Laporan Perekonomian Indonesia 2023 secara Darin

BACA JUGA:Bank Indonesia Ungkap Kinerja Ekonomi Unggul Indonesia di Tahun 2023

Bagi masyarakat yang masih menyimpan uang pecahan Rp 10.000, Ricky menjelaskan bahwa uang tersebut tidak dapat ditukarkan lagi di Bank Indonesia atau bank manapun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: