Pemkab OKU Wujudkan Birokrasi yang Transparan

Pemkab OKU Wujudkan Birokrasi yang Transparan

Penjabat Bupati OKU Iqbal Alisyahbana (tengah) menerima penghargaan SAKIP tahun 2024. Foto: Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mewujudkan birokrasi yang transparan sehingga diganjar penghargaan SAKIP Award 2024 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Republik Indonesia.

Penjabat Bupati OKU Iqbal Alisyahbana, Kamis 3 Oktober 2024 mengatakan bahwa penghargaan dengan predikat B tersebut diberikan karena Pemkab OKU dinilai menunjukkan komitmennya terhadap reformasi birokrasi dan peningkatan pelayanan publik yang transparan dan akuntabel.

Penghargaan bergengsi ini diserahkan langsung oleh Menteri PAN-RB RI, Abdullah Azwar Anas pada acara "SAKIP AWARD 2024" di Grand Ballroom Birawa, Jakarta, Rabu (2/10/2024).

Menurut dia, keberhasilan Pemkab OKU untuk mendapatkan SAKIP dengan predikat B ini merupakan kerja keras dan sinergi semua pihak terkait di wilayah itu.

Terutama dalam mewujudkan tata kelola di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) jajaran Pemkab OKU yang transparan dan berorientasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di daerah itu.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemkab OKU yang telah bekerja keras dan berkomitmen dalam meningkatkan tata pemerintahan serta pelayanan publik yang semakin baik," ujarnya.

BACA JUGA:Pemkab OKU Sosialisasikan Program Penerima Bantuan Stimulan Korban Banjir

BACA JUGA:Pemkab OKU Beri Bantuan Sosial Untuk Korban Kebakaran

Sementara, Menteri PAN-RB RI Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa pentingnya SAKIP sebagai sistem yang mengintegrasikan perencanaan, penganggaran, dan pelaporan kinerja yang selaras dengan akuntabilitas keuangan.

"Setiap organisasi diwajibkan mencatat dan melaporkan penggunaan keuangan negara sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata dia.

Dia menjelaskan, peningkatan nilai SAKIP merupakan indikator efektivitas dan efisiensi perencanaan pembangunan daerah, serta menjadi wujud nyata reformasi birokrasi yang bersih, akuntabel, dan mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Sebagai bentuk apresiasi, MenPAN RB memberikan penghormatan kepada Pemkab OKU yang telah menunjukkan komitmen besar dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Semoga pencapaian ini menjadi motivasi untuk terus memberikan dedikasi terbaik bagi bangsa Indonesia,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: