Breezon, Produk Ramah Lingkungan Kilang Pertamina Plaju, Ubah Cara Pandang Dunia Soal Industri Refrigeran

Breezon, Produk Ramah Lingkungan Kilang Pertamina Plaju, Ubah Cara Pandang Dunia Soal Industri Refrigeran

--

BISNIS, PALPOS.ID-Kilang Pertamina Plaju, bagian dari PT Kilang Pertamina Internasional (Refinery Unit III Plaju), kembali menunjukkan kepeloporannya di sektor minyak dan gas dengan memperkenalkan produk inovatif yang ramah lingkungan di panggung internasional.

Pada 2-3 Oktober 2024, Kilang Pertamina Plaju menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang diundang untuk mempresentasikan produk terbarunya, Breezon R1270, di salah satu forum terbesar industri energi dunia yang digelar di DoubleTree by Hilton Greenway Plaza, Houston, Texas.

Forum ini mempertemukan pakar-pakar industri energi global, termasuk dari sektor pendinginan dan refrigerasi.

Produk Breezon R1270, yang merupakan refrigeran alami yang ramah lingkungan, menarik perhatian karena menawarkan efisiensi energi tinggi dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

BACA JUGA:Kilang Pertamina Plaju dan PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel Bersinergi dalam Distribusi Avtur

BACA JUGA:Kilang Pertamina Plaju Siap Hadapi Tantangan Libur Lebaran dengan Ketersediaan dan Keamanan Produk

Dalam kesempatan tersebut, dua perwakilan dari Kilang Pertamina Plaju, yakni Andrie Prasetyo (Polypropylene Process Engineer) dan Perliansyah (Officer I Communication Relations & Compliance), membawakan presentasi berjudul "Breezon R1270: Pertamina’s Natural Refrigerant Revolutionizing Energy Efficiency and Environmental Sustainability".

Presentasi ini memaparkan inovasi yang diusung oleh Breezon sebagai refrigeran alami yang ramah lingkungan, sekaligus keberhasilannya dalam mengatasi tantangan perubahan iklim global dan meningkatkan efisiensi energi di sektor pendinginan.

Produk ini menyoroti kemampuan Kilang Pertamina Plaju dalam memimpin perubahan menuju solusi industri yang lebih berkelanjutan dan bertanggung jawab secara lingkungan.

BACA JUGA:Kilang Pertamina Siapkan Strategi untuk Menjaga Stabilitas Pasokan Selama Ramadan dan Idul Fitri

BACA JUGA: Adopsi ISO 26000 Dalam Keberlanjutan Usaha, Kilang Pertamina Plaju Raih Empat Penghargaan ICEA 2024

Breezon R1270 merupakan wujud nyata komitmen Kilang Pertamina Plaju dalam mendukung agenda Net Zero Emission (NZE) pada 2060.

Refrigeran alami ini dirancang untuk menjadi solusi atas berbagai tantangan yang selama ini dihadapi industri refrigerasi, terutama terkait penggunaan refrigeran sintetis seperti R32, R410a, dan R22, yang diketahui memiliki dampak negatif terhadap lapisan ozon dan mempercepat pemanasan global.

Breezon R1270 menonjolkan nilai tambah berupa indeks Global Warming Potential (GWP) yang sangat rendah, yaitu 300 kali lebih rendah dari R32, dan bahkan hingga 1000 kali lebih rendah dibandingkan R410a dan R22.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: