Elektabilitas Herman Deru-Cik Ujang Unggul di Pilgub Sumsel 2024: Survei Cyrus Network Selisih 64,7 Persen

Elektabilitas Herman Deru-Cik Ujang Unggul di Pilgub Sumsel 2024: Survei Cyrus Network Selisih 64,7 Persen

Elektabilitas Herman Deru-Cik Ujang Unggul di Pilgub Sumsel 2024: Survei Cyrus Network Selisih 64,7 Persen.-Palpos.id-Foto : Tangkapan Layar Youtube @Blackpaper TV

BACA JUGA:Pilgub Sumsel 2024: Pasangan HDCU Gelar Lomba Gaple Hadiah Sepeda Motor Listrik

Fadhli menambahkan, momentum kampanye yang efektif dan strategi yang tepat mungkin masih bisa memberikan ruang bagi para pesaing untuk mempersempit selisih elektabilitas. 

Namun, waktu dan sumber daya yang dimiliki tidak sebesar pasangan petahana yang telah lama menguasai panggung politik dan pemerintahan di Sumatera Selatan.

Tingkat Kepuasan Tinggi Terhadap Kinerja Petahana

Keunggulan Herman Deru dan Cik Ujang bukan hanya berasal dari kampanye, melainkan juga dari kinerja mereka selama menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur. 

Survei Cyrus Network juga mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja petahana, dan hasilnya menunjukkan angka yang cukup tinggi.

Sebanyak 75,3% responden menyatakan puas terhadap kinerja Herman Deru, dengan rincian 67,4% merasa puas dan 7,9% sangat puas. Hanya 18,4% yang menyatakan tidak puas, dan 2,5% menyatakan sangat tidak puas. 

Angka ini menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat di Sumatera Selatan menilai kinerja Herman Deru positif selama masa jabatannya.

Selain itu, ketika ditanya apakah Herman Deru layak dicalonkan kembali untuk lima tahun ke depan, 71,8% responden menyatakan bahwa Herman Deru layak untuk memimpin Sumsel kembali, dan 11,9% merasa sangat layak. 

Hanya 9,9% yang menyatakan Herman Deru tidak layak, dan 1,1% menganggap sangat tidak layak.

Di sisi lain, penilaian terhadap kinerja Wakil Gubernur Mawardi Yahya juga cukup baik, meski tidak setinggi Herman Deru.

Survei menunjukkan bahwa 55,8% responden puas dengan kinerja Mawardi Yahya, dan 3,1% merasa sangat puas. 

Sementara itu, 20,5% responden merasa tidak puas, dan hanya 0,7% yang menyatakan sangat tidak puas terhadap kinerja Wakil Gubernur.

Faktor Penentu Kemenangan Herman Deru-Cik Ujang

Keunggulan Herman Deru - Cik Ujang ini bukanlah tanpa alasan. Menurut Fadhli, ada beberapa faktor kunci yang membuat pasangan petahana ini begitu dominan dalam survei elektabilitas:

Pengaruh sebagai petahana: Herman Deru dan Cik Ujang sudah dikenal luas oleh masyarakat Sumatera Selatan. 

Sebagai petahana, mereka memiliki waktu yang lebih panjang untuk membangun citra dan memperkenalkan program kerja mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: