Keajaiban Teknologi Citroën DS Inovasi yang Melampaui Zaman

Keajaiban Teknologi Citroën DS Inovasi yang Melampaui Zaman

Keajaiban Teknologi Citroën DS: Inovasi yang Melampaui Zaman. foto: Citroėn DS Manufacture--

Suspensi ini memungkinkan mobil untuk menyesuaikan ketinggian dan tingkat kenyamanan secara otomatis berdasarkan kondisi jalan dan beban mobil, sehingga pengemudi dan penumpang merasakan sensasi berkendara yang sangat halus, sering diibaratkan seperti "melayang di atas karpet ajaib."

Citroën DS bukan hanya menarik perhatian karena tampilannya, tetapi juga karena teknologi inovatif yang ditawarkan.


--

Mobil ini adalah kendaraan produksi massal pertama yang menggunakan rem cakram bertenaga pada roda depannya, sebuah fitur yang meningkatkan performa pengereman secara signifikan dibandingkan dengan sistem rem tromol yang masih umum digunakan pada saat itu.

Bahkan lebih unik lagi, rem cakram depan Citroën DS dipasang di dalam ruang mesin, bukan pada roda seperti pada mobil konvensional.

Penempatan ini memudahkan perawatan dan mengurangi potensi masalah, sebuah solusi inovatif yang kemudian diadopsi oleh kendaraan militer seperti HMMWV (Humvee) dan Toyota Mega Cruiser.

Pada saat mobil-mobil lain hanya menggunakan sistem hidrolik untuk rem dan power steering, Citroën DS melangkah lebih jauh dengan menerapkan sistem hidrolik pada suspensi, kopling, dan transmisi.

Sistem hidrolik ini memungkinkan self-leveling yang otomatis pada suspensi, yang tidak hanya meningkatkan kenyamanan, tetapi juga menghasilkan handling yang lebih baik, terutama saat melintasi jalanan yang kasar.

Kemampuan teknis Citroën DS juga terbukti pada aerodinamikanya. Mobil ini memiliki koefisien hambatan udara (Cd) sebesar 0,34, angka yang baru bisa disaingi oleh sedan pada era 1980-an.

Untuk mencapai tingkat aerodinamika yang luar biasa ini, para insinyur Citroën merancang bodi mobil dengan bentuk yang mulus dan minim tonjolan.

Mereka juga menyembunyikan saluran udara, memasang panel penutup roda belakang, dan mendesain lekukan bodi yang mengalir sempurna, semua demi mengurangi hambatan udara dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

BACA JUGA:Revolusi Dodge Charger Generasi Kedelapan: Dari V8 Klasik yang Ikonik ke Powertrain Elektrik

BACA JUGA:Volkswagen ID.Buzz Freestyle: Minivan Listrik Retro yang Kembali Menyasar 'Mobil Rakyat'

Citroën DS juga menjadi salah satu mobil pertama di dunia yang menerapkan sistem adaptive headlight, meskipun pabrikan Tucker di Amerika Serikat sudah memperkenalkan fitur ini pada model Tucker 48 'Torpedo' di tahun 1948.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: