Pj Gubernur Elen Setiadi Pimpin Apel dan Simulasi Mitigasi Bencana Banjir di Sumsel

Pj Gubernur Elen Setiadi Pimpin Apel dan Simulasi Mitigasi Bencana Banjir di Sumsel

--

SUMSEL, PALPOS.ID-Penjabat Gubernur Sumatera Selatan (SUMSEL), Elen Setiadi, S.H., M.S.E., memimpin Apel dan Simulasi Mitigasi Bencana Banjir di Halaman Shooting Range Jakabaring Sport City.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk TNI, Polri, Pol PP, serta instansi terkait lainnya, sebagai upaya untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana alam yang mungkin terjadi di wilayah tersebut.

Dalam sambutannya, Elen Setiadi mengungkapkan rasa syukurnya karena Sumsel baru saja keluar dari masa sulit terkait kebakaran hutan dan lahan yang menyebabkan bencana asap yang berkepanjangan.

“Kita baru saja melalui masa-masa yang cukup berat yang menyita banyak waktu, tenaga, pikiran, dan perhatian kita untuk menanggulangi bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan. Berakhirnya musim kemarau yang berpotensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan ini adalah kabar baik bagi kita semua,” jelasnya.

BACA JUGA:Pj Gubernur Elen Setiadi Apresiasi Kerja Sama Implementasi Opsen PKB, BBNKB, dan Pajak MBLB di Sumsel

BACA JUGA:Pj Gubernur Elen Setiadi Gencarkan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Sumsel

Meski demikian, Elen mengingatkan bahwa dengan berakhirnya musim kemarau, Sumsel kini memasuki musim penghujan yang membawa curah hujan tinggi.

Hal ini menuntut persiapan yang matang untuk menghadapi potensi bencana, terutama banjir dan tanah longsor yang sering terjadi di beberapa daerah.

“Hari ini kita bersama di sini adalah salah satu bagian dari upaya pencegahan dan kesiapsiagaan bencana. Kita harus siap menghadapi segala kemungkinan yang bisa terjadi akibat cuaca ekstrem,” ungkapnya.

Elen menekankan pentingnya mitigasi bencana, yang merupakan langkah preventif untuk mengurangi risiko terjadinya bencana.

“Mitigasi untuk mengurangi risiko terjadinya bencana perlu dilakukan dengan penyiapan peralatan dan personil untuk kesiapsiagaan menghadapi bencana. Simulasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personil serta uji fungsi dari peralatan yang ada,” tambahnya.

BACA JUGA:Peringatan Hari UMKM Nasional 2024: Pj Gubernur dan Menteri Koperasi Bahas Tranformasi dan Pembangunan UMKM

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Hadiri Penandatanganan Kerjasama BUMN-BUMD : Fokus Pengelolaan Pertambangan dan

Salah satu fokus utama dalam mitigasi bencana adalah perbaikan kondisi lingkungan. Elen menjelaskan pentingnya memperbaiki fungsi daerah resapan air, daerah aliran sungai, dan menjaga daerah lereng perbukitan agar tidak gundul atau kritis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: