XLSMART Kembali Raih Tiga Penghargaan Bidang ESG, Layanan Pelanggan, dan Teknologi

XLSMART Kembali Raih Tiga Penghargaan Bidang ESG, Layanan Pelanggan, dan Teknologi

XLSMART Kembali Raih Tiga Penghargaan Bidang ESG, Layanan Pelanggan, dan Teknologi-Foto:dokumen palpos-

PALPOS.ID - PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART) berhasil meraih sejumlah penghargaan di berbagai kategori, mulai dari inovasi teknologi, kecerdasan buatan (AI), layanan pelanggan unggulan, hingga komitmen terhadap keberlanjutan lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan (ESG).

Pencapaian ini menjadi tantangan bagi XLSMART untuk terus mempertahankan inovasi, memperkuat daya saing, dan menghadirkan solusi digital yang adaptif terhadap dinamika kebutuhan bisnis di era yang terus berubah.

 

Direktur & Chief Regulatory Officer XLSMART, Merza Fachys, menyampaikan “Rangkaian penghargaan ini merupakan wujud nyata dari komitmen kami untuk terus berinovasi dan memberikan layanan terbaik.

Dari pengembangan teknologi berbasis AI hingga penerapan prinsip ESG, semua langkah kami bertujuan menghadirkan dampak positif bagi pelanggan dan masyarakat.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Sulawesi Utara: Muncul Usulan Pembentukan 2 Provinsi Baru untuk Pembangunan

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Sulawesi Barat: Wacana Pembentukan Dua Kabupaten Baru Kembali Muncul

Ini bukan sekadar pengakuan, tapi juga dorongan bagi kami untuk terus menjadi yang terdepan dalam mendukung perjalanan transformasi digital Indonesia.”

 

 

IDX Channel Anugerah ESG 2025

 

XLSMART meraih penghargaan untuk kategori Sektor Infrastruktur Kelistrikan dan Telekomunikasi di ajang IDX Channel Anugerah ESG 2025 yang diselenggarakan oleh IDX CHANNEL, di Jakarta 4 Juli 2025.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi bagi perusahaan dan top executive yang berdedikasi dalam implementasi bisnis berkelanjutan di Indonesia.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Sulawesi Utara: Wacana Pembentukan Tujuh Kabupaten dan Kota Baru Makin Gacor

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Jawa Tengah: Wacana Pembentukan Kabupaten Brebes Selatan Optimalkan Potensi Daerah

XLSMART berhasil meraih penghargaan melalui program “Inisiatif ESG Terpadu Menuju Bisnis Telekomunikasi Berkelanjutan” yang diterima oleh Ratu Maulia Ommaya, Head Sustainability XLSMART.

 

Penghargaan IDX Channel Anugerah ESG 2025 didasari oleh penilaian komprehensif terhadap empat aspek Utama yaitu Lingkungan (environment), Sosial (social), Tata Kelola Perusahaan (governance), dan Inovasi dalam Keuangan Berkelanjutan (innovation in sustainable finance).

XLSMART saat ini memfokuskan diri pada harmonisasi ESG yang kuat dan menyeluruh sebagai bagian dari transformasi perusahaan.

XLSMART terus mendorong penerapan teknologi jaringan ramah lingkungan, fokus pada inklusi digital dan pemberdayaan komunitas, serta memperkuat tata Kelola yang lebih akuntabel.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Jawa Tengah: Wacana Pembentukan Kabupaten Cilacap Barat Bakal Andalkan Pertanian

BACA JUGA:Pertamina Drilling Catat Kinerja Gemilang di Laut Jawa

 

 

CXtraordinary Evening 2025

 

Di ajang CXtraordinary Evening 2025 yang diselenggarakan oleh Majalah Marketing berkolaborasi dengan CARRE CX Expert pada Selasa, 3 Juni 2025, di Metail Fountain Garden, Pelataran Senayan, Jakarta, XLSMART juga berhasil meraih dua penghargaan sekaligus.

Penghargaan tersebut kategori System Availability & Reliability dan Digital Care NON-BFI (non-banking, financial, insurance).

 

Penghargaan CXtraordinari Tech Award diberikan kepada Yessie Dianty Yosetya, Director & Chief Information Officer XLSMART, atas kontribusinya dalam memastikan keandalan system teknologi informasi perusahaan, khususnya dalam kategori System Availability & Reliability.

Ini menjadi bentuk apresiasi atas dedikasi dan kepemimpinan beliau dalam menciptakan sistem digital yang tangguh dan berkelanjutan.

 

Selain itu, XLSMART juga menerima predikat Exceptional Service Performance, dimana penghargaan ini merupakan level tertinggi untuk kategori Digital Care NON-BFI (non-banking, financial, insurance).

Penilaian dilakukan oleh CARRE CX Expert, lembaga independen yang telah memantau lebih dari 399 contact center di Indonesia selama lebih dari dua decade, menggunakan pendekatan Index-Based Scoring dan User-Generated Content (UGC) Scrapping Analysis, yang memungkinkan evaluasi menjadi lebih holistik dan objektif terhadap kualitas layanan pelanggan.

 

 

AWS Generative AI Hackathon

 

XLSMART meraih penghargaan di ajang AWS Generative AI Hackathon, sebuah kompetisi inovasi teknologi berbasis Amazon Bedrock Platform yang diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia dan diikuti oleh 23 tim di tingkat regional Asia.

Kompetisi ini bertujuan mendorong pemanfaatan kecerdasan buatan generative (Generative AI).

XLSMART meraih tiga penghargaan yaitu Grand Innovation Champion, Enterprise Excellence Award dan Special Recognition Award.

 

Keberhasilan XLSMART diraih berkat dua proyek inovatif yang dinilai memiliki dampak besar dan skalabilitas tinggi.

Tim Intelligent dengan proyek “Intelligent API Routing” berhasil menyederhanakan konfigurasi API melalui natural language interface.

Sementara itu, Tim AnwarAI dengan proyek “AI-Powered Log Helpdesk” menawarkan otomatisasi proses analisis log yang dapat mempercepat troubleshooting hingga 80%, kedua proyek ini, meskipun masih dalam tahap pilot project, menunjukkan potensi besar dalam meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas layanan.

Kolaborasi operator seluler tingkat regional dalam kompetisi ini dinilai penting karena memperkuat sinergi, berbagi praktik terbaik, mempercepat adopsi teknologi AI, dan memperluas dampak inovasi di berbagai negara.

 

Partisipasi XLSMART dalam AWS Generative AI Hackathon merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam mendukung transformasi digital dan menyediakan wadah strategis untuk eksplorasi ide serta pembelajaran teknologi terbaru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: