Pemekaran Wilayah Sulawesi Tenggara: Intip Potensi Daerah Otonomi Baru Provinsi Kepulauan Buton

Jumat 05-07-2024,18:51 WIB
Reporter : Bambang
Editor : Yan

Dengan kondisi geografis yang luas dan jumlah penduduk yang cukup besar, pemekaran ini diharapkan dapat memperbaiki rentang kendali pelayanan birokrasi pemerintahan serta mendorong pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Wilayah yang Bergabung

Saat ini, sudah ada 1 kota dan 5 kabupaten yang sepakat untuk bergabung dalam calon Provinsi Kepulauan Buton. 

Kota Baubau menjadi kota yang bergabung, sedangkan 5 kabupaten yang akan bergabung adalah Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Buton, Kabupaten Buton Tengah, Kabupaten Buton Utara, dan Kabupaten Buton Selatan. 

Rencana ibukota Provinsi Kepulauan Buton nantinya akan ditentukan antara dua pilihan, yakni Kabupaten Wakatobi atau Kota Baubau.

BACA JUGA:Pemekaran Sulawesi Tenggara: Wacana Provinsi Kepulauan Buton dan 5 Daerah Otonomi Baru

BACA JUGA:Mau Mandi Matahari ? Cuss, Ke Pulau Bokori Sulawesi Tenggara, Sunrisenya Indah Ada Panorama Langit Warna-Warni

Tantangan dan Harapan

Tantangan Moratorium

Meskipun pemekaran wilayah ini memiliki banyak dukungan, tantangan utama yang dihadapi adalah moratorium DOB yang belum dicabut oleh Pemerintah Pusat. 

Moratorium ini merupakan kebijakan pemerintah untuk menunda pembentukan daerah otonomi baru dengan tujuan untuk menilai efektivitas dan efisiensi dari pemekaran yang telah dilakukan sebelumnya.

Harapan Masyarakat

Masyarakat di wilayah calon Provinsi Kepulauan Buton berharap agar moratorium DOB segera dicabut, sehingga pembentukan provinsi baru ini bisa segera terwujud. 

Dengan terbentuknya Provinsi Kepulauan Buton, diharapkan potensi SDA yang ada dapat dikelola dengan lebih baik, pelayanan birokrasi menjadi lebih efektif, dan pembangunan di berbagai sektor dapat berjalan lebih merata.

BACA JUGA:Wisata Air Panas Kea-Kea di Kolaka Hot Springsnya Sulawesi Tenggara, Airnya Menyatu dengan Sungai

BACA JUGA:Air Panas Watu Mokula di Kolaka Utara Provinsi Sulawesi Tenggara, Keajaiban Alam yang Istimewa

Kategori :