Honda Civic SiR EK4 1999: Si Hatchback Legendaris dengan Mesin DOHC VTEC 1.6 yang Tak Lekang Zaman

Minggu 12-10-2025,08:57 WIB
Reporter : Koer
Editor : Dahlia

BACA JUGA:Nissan 240SX 2.5L Turbo Manual 1996, Ikon Sport Jepang yang Tak Pernah Mati

Masuk ke kabin Honda Civic SiR EK4, nuansa 90-an sangat terasa.

Panel dasbor berdesain sederhana tanpa layar digital, namun semua instrumen terlihat jelas dan mudah dijangkau.

Tachometer besar dengan redline di 8.000 rpm menjadi pusat perhatian, menegaskan bahwa mobil ini memang diciptakan untuk pengendara yang gemar memacu adrenalin.

Kursi depan dibalut bahan kain dengan sandaran yang nyaman, menopang tubuh dengan baik ketika mobil diajak bermanuver cepat.

BACA JUGA:Keren dan Bertenaga! SYM VFE 185i Siap Tantang Supra GTR dan MX King?

BACA JUGA:Bergaya Klasik dan Mewah! KAWASAKI MEGURO K3 2026 Hadir dengan Sentuhan Retro Modern yang Menggoda

Lingkar kemudi 3-spoke khas Honda memberikan feel yang presisi, sementara tuas transmisi manual 5-percepatan terasa solid dan pendek pergerakannya.

Walau hatchback ini tidak besar, ruang kabinnya efisien. Bangku belakang masih bisa menampung dua penumpang dewasa, dan kursinya dapat dilipat rata untuk menambah kapasitas bagasi.

Jadi meski performa jadi fokus utama, Civic SiR EK4 tetap fungsional untuk pemakaian harian.

Mesin Legendaris, DOHC VTEC B16A2

BACA JUGA:Ralliart Bikin EVO IX MR Kian Buas: Mesin 4G63T Jadi Legenda Hidup!

BACA JUGA:Mazda EZ-60 Resmi Rilis di China | SUV Listrik Mazda CX-6e Harga Lebih Terjangkau

Bagian paling menarik dari Civic SiR EK4 1999 tentu ada di balik kap mesinnya.

Honda membekalinya dengan mesin legendaris B16A2, berkapasitas 1.6 liter, 4 silinder segaris, DOHC, dengan teknologi VTEC (Variable Valve Timing and Lift Electronic Control).

Output standarnya mencapai 170 PS pada 7.800 rpm dan torsi 157 Nm pada 7.300 rpm — angka yang luar biasa untuk mesin 1.6 liter naturally aspirated di masanya.

Kategori :