Karakteristiknya khas mesin Honda: tenang di putaran rendah, menggila di atas 6.000 rpm ketika sistem VTEC aktif.
BACA JUGA:Ertiga Berlogo Toyota? Begini Strategi Baru Dua Raksasa Jepang di Dunia Otomotif
BACA JUGA:Astra Motor Sumsel Ajak Komunitas Honda Rasakan Sensasi Nocturnity Riding di Palembang
Saat katup-katup ganda mulai bekerja penuh, suara mesin berubah lebih kasar dan responsif — sensasi yang membuat banyak penggemar jatuh cinta.
Mesin B16A2 ini juga dikenal tahan banting dan mudah dimodifikasi.
Banyak pemilik Civic SiR EK4 melakukan upgrade seperti mengganti camshaft, throttle body lebih besar, hingga menggunakan ECU standalone untuk memaksimalkan performa.
Dengan sedikit sentuhan, tenaga bisa tembus di atas 200 hp — tanpa harus menambah turbo!
BACA JUGA:VinFast Limo Green: MPV Listrik 7-Seater Penantang Toyota Innova Zenix
BACA JUGA:Beda Tipis, Fitur Nggak Tipis! Ini Perbandingan Yamaha Aerox Rp 33 Juta vs Rp 41 Juta
Transmisi Manual yang Presisi
Civic SiR EK4 menggunakan transmisi manual 5-percepatan close-ratio. Karakter transmisi ini sangat khas: ringan, pendek, dan presisi.
Rasio gigi yang rapat membuat mobil ini cepat berakselerasi di setiap perpindahan gigi, cocok untuk balapan atau sekadar menikmati jalan berliku di pegunungan.
Clutch-nya ringan, namun memiliki engagement point yang jelas.
BACA JUGA:Tampil Beda di Jalanan! Inilah Benda BD250, Motor Cruiser 250cc Bergaya Unik dan Modern.
BACA JUGA:Hyundai Stargazer 2025, Wajah Baru Si Penantang Kuat Xpander Cross
Bagi pengemudi sejati, kombinasi mesin B16A2 dan transmisi manual ini adalah kenikmatan murni yang sulit digantikan oleh mobil modern bertransmisi CVT atau otomatis.