Sebagian Organ Tubuh Brigadir J Diduga Akibat Penganiayaan Akan Dibawa ke Jakarta Untuk Diperiksa

Sebagian Organ Tubuh Brigadir J Diduga Akibat Penganiayaan Akan Dibawa ke Jakarta Untuk Diperiksa

JAMBI, PALPOS.ID – Tim Forensik Mabes Polri bersama tim independen, serta perwakilan keluarga, akan melakukan otopsi ulang jenazah Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J.

Adapun tim independen itu, yakni dokter dari TNI, dan dari Perguruan Tinggi. Sementara perwakilan keluarga, merupakan dokter yang ditunjuk oleh keluarga Brigadir J.

Tujuannya agar pengungkapan kasusnya bisa dilakukan secara transparan. Serta bisa membongkar apa penyebab kematian Brigadir J sebenarnya.

BACA JUGA:Kuasa Hukum Sebut Brigadir J Tewas Dianiaya 3 Orang, Bukan Baku Tembak

Otopsi ulang sendiri akan digelar pagi ini, Rabu, 27 Juli 2022, di RSUD Sungai Bahar Provinsi Jambi.

Bahkan, setelah otopsi nantinya, sebagian organ tubuh Brigadir J yang diduga akibat penganiayaan, akan dibawa ke Jakarta, untuk diperiksa lebih lanjut.

Demikian ditegaskan Tim Pengacara keluarga Brigadir J, advokat Jhonson Panjaitan, Rabu (27/07) pagi.

"Untuk beberapa organ tubuh dari Brigadir Yoshua akan dibawa ke Jakarta untuk pemeriksaan karena di Jambi tidak bisa dilakukan," kata Jhonson Panjaitan.

BACA JUGA:Vera Simanjuntak Ngaku Brigadir J Akan Menikahinya Setelah Jadi Perwira

Jhonson menambahkan, bahwa kesepakatan itu diambil berdasarkan hasil dari pembicaraan yang disampaikan tim forensik Mabes Polri dengan tim independen serta pihak perwakilan keluarga.

"Untuk memastikan apa penyebab kematian Yoshua akan diambil organ tubuh yang dicurigai untuk diperiksa di Jakarta bukan di Jambi," imbuhnya.

Adapun dalam melalukan otopsi ulang nanti akan melibatkan banyak pihak diantaranya dari TNI, perguruan tinggi dan dokter perwakilan keluarga yang ditunjuk.

BACA JUGA:Pra Rekontruksi, Bharada E Tembak Brigadir J dari Lantai Atas

"Hal ini kami lakukan agar hasil pemeriksaan otopsi ulang akan transparan sehingga bisa terungkap kasus ini dengan sebenarnya apa penyebab kematiannya," ujarnya.

Pada pelaksanaan otopsi ulang nanti kesepakatan bersama dengan tim Mabes Polri bahwa pihak keluarga juga akan diperbolehkan untuk melihat langsung mulai dari penggalian kuburan hingga pelaksanaannya.

"Untuk sementara ini kesepakatannya kami masih diperbolehkan untuk melihat langsung pelaksanaan otopsi ulang almarhum Brigadir Yoshua," pungkasnya.

BACA JUGA:Orang Tua Bongkar Kedekatan Brigadir J dan Istri Kadiv Propam, Hampir 3 Tahun Bertugas Tak Pernah Mengeluh

Dapat disampaikan, jadwal otopsi ulang jenazah Brigadir J dilakukan mulai pada pukul 07.00 WIB, tim mulai melakukan penggalian makam.

Kemudian peti jenazahnya akan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Bahar yang berjarak dua kilometer dari lokasi makam untuk dilalukan autopsi ulang dan akhirnya dimakamkan lagi. (*)

Berita ini sudah terbit di Disway.id (Induk Grup Palpos.id), dengan judul: https://disway.id/read/633250/Hasil-Autopsi-Ulang-Sebagian-Organ-Tubuh-Brigadir-J-Dibawa-ke-Jakarta-Buat-Apa/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id