Jumlah Armada Pemadam Kebakaran di OKU Masih Minim

Jumlah Armada Pemadam Kebakaran di OKU Masih Minim

Kabid Pengendalian Operasi di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten OKU, Zainuri.Foto:ECO/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Kepala Bidang Pengendalian Operasi di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten OKU, Zainuri mengaku bahwa saat ini jumlah armada Pemadam kebakaran yang ada di instansinya masih minim dan perlu ditambah lagi.

 

"Jumlah mobil pemadam kebakaran yang ada di posko induk saat ini baru dua unit dan mobil penyuplai air dua unit. Padahal idealnya kita disini punya empat unit mobil pemadam kebakaran dan enam unit mobil penyuplai air," ungkap Zainuri, saat dibincangi di ruang kerjanya, Selasa (23/8).

 

Untung saja kata dia, di OKU ini ada dua unit mobil penyuplai air yakni masing-masing satu unit milik PT Semen Baturaja, serta satu unit lagi kepunyaan Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) OKU yang selalu siap siaga membantu DPKP setempat.

 

Sementara untuk di kecamatan ungkap dia, saat ini pihaknya sudah memiliki posko pemadam kebakaran di seluruh kecamatan. "Di posko kecamatan masing-masing kita sediakan satu unit mobil pemadam kebakaran. Namun untuk mobil penyuplai airnya tidak ada," bebernya.

 

Menurut dia, pihaknya sendiri sudah sering mengajukan untuk penambahan mobil armada itu, namun karena keterbatasan anggaran programnya tidak bisa direalisasikan.

 

"Dulu sewaktu dizaman Pak Kuryana Azis, saya sudah usulkan soal penambahan armada ini. Alhamdulilah usulan ini disetujui, namun gara-gara pandemi Covid-19, anggaran kita dipangkas oleh pusat. Akibatnya penambahan armada ini dibatalkan," ungkapnya.

 

Setali tiga uang lanjut dia, ternyata kondisi keuangan di OKU selama dua tahun terakhir juga morat marit. Akibatnya, program penambahan armada pemadam kebakaran ini kembali tidak bisa direalisasikan. "Kita doakan saja mudah-mudahan tahun depan program ini bisa direalisasikan," tegas dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: