Gempa 6.5 Magnitudo di Bengkulu Terasa Kuat Hingga Ke OKU

Gempa 6.5 Magnitudo di Bengkulu Terasa Kuat Hingga Ke OKU

Grafik Gempa 6.5 magnitudo di Bengkulu.Foto: Istimewa--

BATURAJA, PALPOS.ID - Gempa magnitudo (M) 6.5 terjadi di wilayah Kaur, Provinsi Bengkulu pada Selasa (23/8) malam sekitar pukul 21.31 WIB terasa kuat getarannya sampai ke Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) hingga membuat warga panik ke luar rumah.

 

"Saat gempa tadi malam warga di perumahan kami berhamburan ke luar rumah karena takut," kata Adi, salah seorang warga RS Baturaja Residen, Kelurahan Batukuning, Kabupaten OKU, Rabu (24/8).

 

Dia menuturkan, saat getaran gempa ia mengajak anak dan istrinya keluar rumah karena khawatir tertimpa bangunan rumah. "Getaran gempa sangat terasa sekitar 10-15 detik. Lampu di rumah saja sampai bergoyang," ujarnya.

 

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU, Amzar Kristofa melalui Manager Pusdalops, Gunalfi saat dikonfirmasi secara terpisah mengungkapkan berdasarkan data BMKG, Gempa Magnitudo 6.5 pada pukul 21.31 itu terjadi di 64 KM Barat daya Kaur Bengkulu Koordinat: 5.22 LS, 102.95 BT dengan kedalaman 12 KM. 

 

"Berdasarkan rilis dari BMKG untuk gempa ini diprediksi tidak berpotensi tsunami," jelasnya.

 

Meski demikian, Gunalfi meminta masyarakat Kabupaten OKU agar tetap waspada menghadapi kemungkinan terjadinya gempa susulan.

 

"Khususnya masyarakat yang rumahnya dalam kondisi rapuh atau retak-retak harus lebih waspada dan segera ke luar rumah jika terjadi gempa susulan supaya tidak menimbulkan korban jiwa," ujar dia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: