Universitas Tridinanti Palembang Selenggarakan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular

Universitas Tridinanti Palembang Selenggarakan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular

PTM - Tim medis Dinkes Kota Palembang melakukan pemeriksaan PTM di Universitas Tridinanti Palembang, Rabu (7/9/2022). -ist-rilis

PALEMBANG, PALPOS.IDUniversitas Tridinanti Palembang (UTP) bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang, menyelenggarakan Deteksi Dini Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) di Kantor Pusat Administrasi (KPA) UTP di Jalan Kapten Marzuki, Rabu-Kamis, 7-8 September 2022.

Rektor UTP Dr Ir Hj Manisah, MP, mengatakan, kegiatan ini dalam rangka meningkatkan capaian program Deteksi Dini PTM usia di atas 15 tahun yang diikuti 400 mahasiswa dan dosen.

Adapun kegiatan yang dilakukan, yakni melakukan pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar perut, deteksi dini kesehatan (SRQ), dan anamnesis faktor risiko serta tindak lanjut konseling dan rujukan bila diperlukan.

"Juga melakukan pemeriksaan tekanan darah dan gula darah. Melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker payudara secara klinis pada mahasiswi," ujar Manisah.

Selain pemeriksaan Deteksi Dini Faktor Risiko PTM, lanjut Manisah, juga dilakukan lanjutan vaksinasi booster bagi mahasiswa, karyawan dan dosen UTP.

"Vaksinasi booster ini merupakan harapan pemerintah bagaimana masyarakat Indonesia untuk mencapai herd immunity ini kita implementasikan di Universitas Tridinanti Palembang dengan menginisiasi adanya vaksin booster," ujar Manisah.

Manisah berharap dengan dilaksanakannya vaksinasi Covid-19 tahap 3 ini seluruh civitas akademika UTP dapat selalu sehat dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah terpaparnya Covid-19. (ril)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rilis