Polisi Gagalkan Aksi Penculikan, 1 Pelaku Tewas Kena Tembak

Polisi Gagalkan Aksi Penculikan, 1 Pelaku Tewas Kena Tembak

Mobil yang digunakan pelaku terperosok di pinggir jalan setelah aksi baku tembak dengan polisi, Kamis (15/09).-FOTO : ISTIMEWA-

SEKAYU - Jajaran Polsek Bayung Lencir berhasil menggagalkan aksi penculikan yang dilakukan empat pelaku yang mengaku polisi.

Keempatnya disergap dalam penangkapan yang berlangsung dramatis di Jalan Palembang-Jambi samping Hotel Lestari Kelurahan Betung Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin, Kamis (15/09) pagi.

Kapolres Muba AKBP Siswandi  melalui KasatReskrim AKP Dwi Rio Adrian  mengatakan sebelumnya para pelaku mendatangi warga yang sedang main gaple di depan rumah. Lalu, pelaku mengaku  anggota  Polda Sumsel.

"Kemudian korban dibawa oleh pelaku dengan menggunakan mobil Xenia. Korban diikat, mata ditutup dan mulut dilakban. Di jalan pelaku  memeras korban dengan minta uang  sebesar Rp 30 juta. Karena merasa ada yang janggal, keluarga korban melapor ke  Polsek Bayung Lencir," kata Dwi.

Lanjutnya, mendapatkan laporan dari pihak korban, dan dengan mengetahui ciri-ciri mobil yang membawa korban, lalu jajaran Polsek Bayung Lencir melakukan pengejaran.

"Mengetahui ada mobil yang melakukan pengejaran, pelaku tidak mau berhenti. Anggota menembak ban mobil pelaku saat menuju arah Betung. Lalu mobil pun berhenti saat di depan hotel Lestari, pelaku turun dan dua pelaku hendak lari.  Satu   pelaku Ahmad Emza mengacungkan pistol jenis revolver ke arah polisi. Melihat  itu, anggota melakukan tindakan tegas dan terukur. Pelaku bernama Ahmad Emza tewas setelah dilumpuhkan," papar Dwi.

Masih menurut Dwi, untuk empat pelaku lainnya berhasil ditangkap.  Keempatnya adalah Ahmad Emza (30), Egi Muzakkir (27), Febriansyah (33),dan Ardiansyah (25), semuanya warga Palembang

"Saat dilakukan pemeriksaan, salah satu pelaku Ahmad Emzah yakni pecatan polisi tahun 2021. Diketahui  senjata pelaku yakni senjata mainan. Pelaku merupakan residivis dengan kasus yang sama. Ada dua LP pernah dilakukan sekitar bulan Mei 2022," pungkasnya. (omi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: