Peras Warga Main Gaple, 4 Polisi Gadungan Diamankan, Pecatan Polisi Tewas Ditembak

Peras Warga Main Gaple, 4 Polisi Gadungan Diamankan, Pecatan Polisi Tewas Ditembak

Tersangka Ahmad Emza, pecatan polisi yang tewas ditembak setelah melakukan pencurian terhadap warga Kabupaten Muba, Kamis (15/09).-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

SEKAYU, PALPOS.ID – Empat polisi gadungan diduga peras 5 warga sedang main gaple depan rumah di Desa Mekar Jaya Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Muba.

Kemudian, kelima warga diduga diculik para pelaku yang mengaku sebagai anggota Polda Sumsel tersebut.

Akan tetapi, keluarga para korban melapor ke Mapolsek Bayung Lencir, hingga polisi melakukan pengejaran para pelaku.

Dan para pelaku dapat diamankan saat melintas di Jalan Betung-Jambi depan Hotel Lestari Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin.

BACA JUGA:Polisi Gagalkan Aksi Penculikan, 1 Pelaku Tewas Kena Tembak

Akan tetapi saat itu dua pelaku mencoba kabur, sedangkan satu pelaku turun dari mobil Daihatsu Xenia abu-abu Nopol BG 1240 IP, sembari mengacungkan pistol.

Polisi yang tak mau mati konyol, langsung melepaskan tembakan. Akhirnya, pelaku mengacungkan pistol diketahui bernama Ahmad Emza (30), warga Kota Palembang, tewas setelah sebutir timah panas polisi mengenai tubuhnya.

Sedangkan ketiga temannya, yakni Egi Muzakir (27), Febriansyah (33), dan Ardiansyah (25), semuanya warga Kota Palembang, berhasil diamankan.

Kapolres Muba AKBP Siswandi Sik, melalui Kasat Reskrim AKP Dwi Rio Adrian Sik mengatakan ada orang 5 yang sedang main gaple di depan rumah.

BACA JUGA:Diduga Melawan Petugas, Pelaku Curas Tewas Ditembak

Kemudian datang 4 orang pelaku polisi gadungan yang mengaku dari anggota kepolisian dari Polda Sumsel.

"Kemudian korban dibawa oleh pelaku dengan menggunakan mobil Xenia. Korban diikat, mata ditutup dan mulutnya di lakban. Di Jalan pelaku diduga memeras korban, dengan minta uang kepada keluarga korban sebesar Rp30 juta. Karena merasa ada yang janggal, keluarga korban melapor ke pihak Polsek Bayung Lencir," jelas Dwi.

Lanjutnya, mendapatkan laporan dari pihak korban, dan dengan mengetahui ciri-ciri mobil yang membawa korban, lalu pihak kepolisian Bayung Lencir melakukan pengejaran.

"Setelah diketahui mobil yang diduga, saat melakukan pengejaran. Dan mobil pelaku tidak mau berhenti, anggota menembak ban mobil pelaku saat menuju arah Betung,” ungkapnya.

BACA JUGA:Jurangan Barang Bekas Tewas Ditembak Pembunuh Bayaran

Lalu mobil pun berhenti saat di depan Hotel Lestari. Para pelaku turun dan dua pelaku hendak lari. Kemudian, salah satu pelaku Ahmad Emza mengacungkan pistol jenis Revolver ke arah polisi.

Melihat hal tersebut anggota melakukan tindakan tegas dan terukur. ‘’Pelaku bernama Ahmad Emza, tewas setelah dilumpuhkan," papar Dwi.

Masih menurut Dwi, untuk ketiga pelaku lainnya berhasil ditangkap.

Adapun pelaku lainnya Egi Muzakkir (27), Febriansyah (33), dan Ardiansyah (25), semuanya warga Kota Palembang.

BACA JUGA:Polres Muba Amankan Kawanan Pencuri Kabel PLN

"Saat dilakukan pemeriksaan, salah satu pelaku Ahmad Emza yakni pecatan polisi tahun 2021. Diketahui kalau senjata pelaku yakni senjata mainan. Pelaku merupakan residivis dengan kasus yang sama, ada dua LP, pernah dilakukan sekitar bulan Mei 2022," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: