Polrestabes Palembang Ringkus Pemilik Mobil Tangki BBM Saat Kebakaran

Polrestabes Palembang Ringkus Pemilik Mobil Tangki BBM Saat Kebakaran

Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Mokhammad Ngajib didampingi Kasat Reskrim, Kompol Tri Wahyudi dan Kasi Propam Polrestabes Palembang, Kompol Agustan Kesuma Nuryadin, saat memberi keterangan pada pers terkait diamankannya pemilik mobil tangki BBM terbak-Palpos.id-Palpres.com

PALEMBANG, PALPOS.ID – Penyidik Satreskrim Polrestabes Palembang terus mengusut kasus kebakaran gudang pengepul BBM di Kota Palembang.

Tepatnya di Jalan Mayjend Satibi Darwis, Kecamatan Kertapati, Kota Palembang, Kamis 22 September 2022, sekitar pukul 12.10 WIB yang lalu.

Dari pengusutan sementara, penyidik Polrestabes Palembang sudah mengamankan pemilik mobil tangki BBM yang ikut terbakar. Sang pemilik itu berinisial S.

Pelaku S sendiri diketahui berasal dari PT DKA Palembang. Dimana, S diduga melakukan penggelapan BBM dan menjualnya tanpa izin.

BACA JUGA:Sempat Terdengar Ledakan Gudang Penimbunan BBM Ilegal di Palembang Terbakar

Kemudian, untuk identitas pemilik gudang BBM atau penyewa rumah yang terbakar juga sudah diketahui berinisial BR.

Demikian ditegaskan Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Mokhammad Ngajib kepada wartawan, Sabtu 24 September 2022.

Saat memberikan keterangan, Ngajib didampingi Kasatreskrim Kompol Tri Wahyudi, dan Kasi Propam Kompol Agustan kesuma Nuryadin.

"Kita melakukan penangkapan terhadap pelaku karena terbukti melakukan tindak pidana tersebut," ujar Kombes Pol Mokhammad Ngajib.

BACA JUGA:Diduga Milik Oknum Polisi, Rumah Megah Tempat Menimbun Solar

Dirinya menjelaskan, bahwa pelaku S terbukti melakukan penggelapan minyak solar yang dibawanya dan melakukan pemindahan ke lokasi tempat kebakaran beberapa waktu lalu.

"Pelaku terlebih dahulu mengambil minyak di Pertamina, kemudian mengambil setengah dari isi tangki minyak dan disalurkannya ke tempat tersebut, yang sudah berjalan lima bulan operasi itu," katanya.

Diduga saat proses pemindahan minyak menggunakan pompa terjadi percikan api, yang membakar habis gudang Jalan Mayjend Satibi Darwis, Kecamatan Kertapati, Palembang, Kamis, 22 September 2022.

"Pelaku telah kita tahan dan akan dilakukan penindakan dengan pasal yang berlalu nantinya, terkait penggelapan yang dilakukannya tersebut maupun akibat kebakaran itu," tutupnya. 

BACA JUGA:Polres Lubuklinggau Amankan Tiga Tersangka Penyalahgunaan BBM Subsidi

Sebelumnya, Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Palembang bakal memanggil saksi-saksi terkait kebakaran gudang minyak yang terjadi di Jalan Mayjend Satibi Darwis, Kecamatan Kertapati, Palembang, Kamis 22 September 2022, sekitar pukul 12.10 WIB.

Para saksi tersebut yakni pemilik lokasi lokasi SP dan penyewa lokasi BR.

Kompol Tri Wahyudi mengaku pihaknya akan melakukan pemanggilan terhadap beberapa saksi mengenai kebakaran tersebut.

"Kita akan memanggil beberapa saksi termasuk pemilik lahan dan penyewanya, yang mempunyai gudang minyak pengepul solar tersebut," ujarnya kepada wartawan, Jumat 23 September 2022.

BACA JUGA:Polres OKU Tangkap Dua Pelaku Penyalahgunaan BBM Bersubsidi

Namun pihaknya sudah mengetahui akibat kebakaran yang terjadi tersebut yakni berasal dari puntung rokok. 

"Api berasal dari puntung Rokok pegawai dari BR, yang mengakibatkan kebakaran terjadi," katanya.

Hingga saat ini Satreskrim Polrestabes Palembang terus melakukan penyelidikan terkait kasus tersebut.

"Anggota kita masih bekerja dalam menyelidiki insiden kebakaran yang terjadi tersebut," aku dia.

BACA JUGA:Saat Isi BBM Pertalite di SPBU Motor Andre Terbakar

Namun Kapolrestabes menegaskan bahwa lokasi tersebut bukan punya oknum polisi, melainkan punya BR selaku penyewa tempat tersebut yakni gudang minyak pengepul solar. 

Diketahui, insiden kebakaran terjadi di gudang minyak pengepul solar di kawasan di Jalan Mayjend Satibi Darwis, Kecamatan Kertapati, Palembang, Kamis, 22 September 2022, sekitar pukul 12.10 WIB.

Hingga kini kasus tersebut masih dalam penyelidikan anggota Satreskrim Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Palembang.

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Mokhamad Ngajib melalui Kasat Reskrim, Kompol Tri Wahyudi mengatakan, untuk saat ini anggotanya melakukan penyelidikan atas kebakaran yang terjadi tersebut.

BACA JUGA:Diduga Timbun BBM, Dua Rumah di Lubuklinggau Terbakar

"Memang lokasi itu milik oknum polisi berinisial SP, tapi sudah lama disewakan kepada orang berinisial BR.

Kita juga memastikan bahwa minyak itu bukan punya SP, melainkan milik BR," ujarnya, Jumat, 23 September 2022.

Untuk asal api diduga dari sebuah mobil tangki yang ada di lokasi, dimana saat itu ada karyawan BR yang sedang bekerja di lokasi.

Namun ia tak sadar merokok dan membuang puntung rokok disembarang tempat, lalu apinya menyambar tangki tersebut.

BACA JUGA:Dampak Kenaikan BBM, Pemkot Palembang Siapkan Pasar Murah Digital Bagi Masyarakat

Atas ulahnya membuat rumah dan beberapa mobil yang tepat berada di belakang penampungan mobil solar tersebut, ikut hangus terbakar.

"Ada rumah dan beberapa mobil seperti mobil tangki, mobil kontainer, dan mobil pribadi yang hangus terbakar akibat peristiwa ini," tutupnya. 

Sebelumnya Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel mendukung sepenuhnya proses investigasi yang dilakukan oleh pihak kepolisian, terkait insiden kebakaran gudang penyimpanan BBM di Kertapati.

“Selain itu, Pertamina juga memastikan bahwa tidak ada hubungan dengan gudang penyimpanan tersebut,” ujar  Tjahyo Nikho Indrawan, Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel. (*)

Berita ini sudah terbit di Palpres.disway.id (Grup Palpos.id), dengan judul: https://palpres.disway.id/read/636894/pemilik-mobil-tangki-bbm-di-gudang-terbakar-berhasil-diringkus/30

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.disway.id