Kabag Logistik Polres Muara Enim Cek Kelengkapan Senpi Anggota

Kabag Logistik Polres Muara Enim Cek Kelengkapan Senpi Anggota

Anggota Propam Polres Muara Enim mengecek kelengkapan senpi anggota, Senin 03 Oktober 2022. -Palpos.id-

MUARA ENIM, PALPOS.ID – Guna memastikan kondisi perlengkapan senjata api (Senpi) berfungsi baik, Polres Muara Enim cek senjata anggota.

Pengecekkan senpi dinas Polri wajib dilakukan mulai surat ijin pemegang senjata api harus dilengkapi dan personel pemegang senpi dinas sesuai dengan fungsinya.

Pemeriksaan senpi dilaksanakan di halaman Polres Muara Enim, satu per satu personel menggunakan senpi memperlihatkan kelengkapan administrasinya kepada anggota Propam sebagai Tim Periksa dipimpin Kabag Logistik Kompol Ahmad Jais SE MM.

Kapolres Muara Enim AKBP Aris Rusdiyanto SIK melalui Kabag Logistik Kompol Ahmad Jais SE MM, didampingi Kasi Propam Iptu Alatas, mengatakan pengecekan senpi tersebut sebagai kontrol kelayakan senjata api guna pendukung anggota Polri dalam menjalankan tugas di lapangan.

BACA JUGA:Kapolres Muara Enim Ingatkan Anggota Untuk Tidak Melakukan Pelanggaran

Adanya pengecekan kelengkapan diri, kata dia, dapat mengurangi tingkat pelanggaran yang dilakukan personel karena kegiatan tersebut juga termasuk dalam kegiatan pembinaan dan pengawasan personil.

“Tujuan yang utama adalah ketertiban administrasi dalam pengelolaan senjata api yang di pegang oleh personel. Selain itu, mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan senjata api dan amunisi oleh anggota Polri,” jelasnya.

Kemudian, lanjutnya, objek dari pemeriksaan ini meliputi fisik senjata api jumlah amunisi dan surat administrasi pemegang senpi oleh personel. Adapun jenis senpi anggota yang dilakukan pengecekan yakni Taurus, Pindad, S&W, HS.

Semua personel memegang senpi, kata dia, harus melengkapi surat administrasi dan melewati serangkaian tes untuk memegang senpi dinas.

BACA JUGA:Kapolres Muara Enim Aris Rusdiyanto Ikut Lomba Makan Kerupuk

Tes pemegang senpi antara lain memenuhi syarat Psikologi dari Biro SDM Polda Sumsel, tidak dalam pelanggaran atau sedang menjalalin sidang disiplin dan kode etik surat rekomendasi dari kasatker.

Dirinya mengingatkan seluruh personel Polres Muara Enim beserta anggota polsek yang memegang senpi untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan senjatanya. “Pelaksanaan pemeriksaan ini akan dilanjutkan di jajaran Polsek-Polsek,” tegasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: