Masyarakat Muara Enim Harus Berperan Aktif Dalam Pendataan Regsosek

Masyarakat Muara Enim Harus Berperan Aktif Dalam Pendataan Regsosek

Petugas BPS Kabupaten Muara Enim melakukan pendataan Pj Bupati di rumah dinas, Sabtu 15 Oktober 2022.-Palpos.id-Diskominfo Muara Enim

MUARA ENIM, PALPOS.ID - Badan Pusat Statistik (BPS) menggelar Regristasi Sosial Ekonomi (Regsosek) secara serentak seluruh Indonesia yang akan berlangsung mulai dari 15 Oktober sampai dengan 14 Novomber mendatang.

Sebagai wujud nyata bentuk dukungan selaku kepala daerah, Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Kurniawan AP MSi bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Muara Enim Nurmala Sari Kurniawan, lakukan Pendataan Awal Regsosek Kabupaten Muara Enim Tahun 2022 yang dilaksanakan di Rumah Dinas Bupati Muara Enim.

Selain itu, turur hadir dalam pendataan awal Regsosek pagi itu, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah H Riswandar SH MH, Kadin Kominfo Ardian Arifanardi AP Msi.

Kemudian, Kadin Sosial Drs Bhakti MSi Kabag Prokopim, Kepala BPS Kabupaten Muara Enim, Kabag Umum.

BACA JUGA:Ajak Semua Pemangku Kepentingan Sukseskan Program Regsosek

Pengumpulan data Regsosek sendiri menyusul program pemerintah terkait pembuatan satu data utama tentang sosial dan ekonomi yang mencakup seluruh penduduk.

Pengumpulan data akan dilakukan di 514 kota/kabupaten di Indonesia dan melibatkan 400 ribu peneliti, Regsosek menjadi upaya pemerintah untuk membangun data kependudukan tunggal atau satu data.

“Data tunggal tersebut nantinya bisa dimanfaatkan untuk menjembatani koordinasi dan berbagai data lintas lembaga dan lintas daerah untuk memastikan pemakaian data yang konsisten baik itu di tingkat desa dan kelurahan,” jelas Kuniawan disela-sela pendataan Regsosek, Sabtu 15 Oktober 2022.

Adapun data yang akan dikumpulkan, kata dia, terdiri dari kondisi sosio-ekonomi geografis.

BACA JUGA:Regsosek Dimulai BPS Muba Minta Masyarakat Beri Jawaban Jujur dan Benar

Kondisi kerentanan kelompok penduduk khusus, kondisi sanitasi air bersih, kepemilikan aset kondisi perumahan, informasi kependudukan, infromasi geospasia.

Kemudian, data lansia, data penyandang disabilitas, status ketenagakerjaan dan kesehatan.

Untuk itu, orang nomor satu di Bumi Serasan Sekundang ini, menghimbau kepada seluruh perangkat daerah camat, lurah, kadas untuk mensukseksan kegiatan regsorsek ini.

Dan mengimbau kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi dan berperan aktif dalam kegiatan regsorsek ini dengna memberikan jawaban yang benar apa adanya.

BACA JUGA:Tindaklanjuti Intruksi Presiden, BPS Bersama Pemkab OI Lakukan Pendataan Regsosek

“Tolong kepada masyarakat untuk memberikan feedback yang baik terkait pendataan Regsosek ini, berikan data yang benar apa adanya jangan memalsukan data karena memang data ini kedepanya akan dijadikan acuan pemerintah dalam menentukan arah kebijakan pembangunan di daerah,” imbuhnya.

Disamping itu, Pj Bupati mengintruksikan kepada Dinas Kominfo, Dinas Sosial dan Dinas Pemdes untuk bersinergi bersama dengan BPS Kabupaten Muara Enim, dalam mengumpulkan data masyarakat di Kabupaten Muara Enim. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: diskominfo muara enim