Asyiknya Belanting River Tubing di Kelumpang OKU, Ini Dia Lokasinya

Asyiknya Belanting River Tubing di Kelumpang OKU, Ini Dia Lokasinya

Para pengunjiung asyik bermain di Belanting River Tubing di Kabupaten OKU, Minggu 13 November 2022. -Palpos.id-

BATURAJA, PALPOS.ID - Belanting River Tubing yang berada di Desa Kelumpang, Kecamatan Ulu Ogan menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Ogan Komering Ulu atau OKU, Provinsi Sumatera Selatan alias Sumsel.

Wisata air ini kini menjadi pilihan yang paling diminati dan aman untuk kategori keluarga.

Lokasinya berjarak sekitar 70 kilometer dari Kota Baturaja. Atau sekitar 2 jam perjalanan ditempuh dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Buka setiap hari dari pukul 07.30-16.00 WIB, kecuali Jumat tutup.

Adapun biaya per trip Rp50 ribu dapat  dokumen foto-foto, video  dan 1 gelas kopi hangat setelah Belanting.

BACA JUGA:Daun Sirih Banyak Manfaatnya Lho, Buat Mis V Kesat dan Wangi

Bagi yang  ingin makan di rest area tapi tidak membawa bekal ada paket makan dengan tarif Rp 75.000 dengan fasilitas sama. Pesertanya sendiri tetap dibatasi 10 orang per /trip.

Aktivitas wisata yang dilakukan di medan sungai  yang mengalir cukup deras ini  dengan menggunakan sarana atau alat yang digunakan  ban karet (ban  mobil)  untuk menghanyut  ke bagian hilir ini dalam bahasa setempat  (bahasa Ogan,red)  disebut nyut anyutan.  

Koordinator Belanting River Tubing Kelumpang Darul Kutni menjelaskan,  Belanting River Tubing  Kelumpang baru dipopulerkan pada Mei 2021 lalu.

Meskipun wisata ini masih terbilang baru, namun peminatnya sudah cukup banyak  khususnya yang senang  dengan olahraga di air  yang memacu adrenalin.

BACA JUGA:Ini Resep Pempek Udang yang Enak dan Mudah Dibuat

Menurut Darul Kutni, Belanting River Tubing Kelumpang pas untuk keluarga, serta untuk anak-anak usia minimal 7 tahun aman untuk uji adrinalin.

Sementara untuk para remaja putri atau ibu-ibu yang belum pandai berenang  tidak perlu khawatir karena ada pemandu yang akan mendampingi selama menempuh arus 2 KM atau sekitar 2 jam di River Tubing.

Dipandu oleh crew - crew yang profesional dan berpengalaman peserta Belanting akan aman.

Ada 24 pemandu tetap dimana tiga diantaranya srikandi (puteri) yang semuanya sudah mengikuti pelatihan seputar River Tubing dibawah instruktur berpengalaman di Indonesia.

BACA JUGA:Berapa Biaya Sedot Lemak, Begini Kisaran Tarifnya!

“Belanting River Tubing di Kelumpang ini masuk kategori aman untuk keluarga,” tegas Darul Kutni, Minggu 14 November 2022.

Darul mengatakan, kata Belanting  yang disematkan di depan  River Tubing  ini berisi pesan moral  yang ingin disampaikan kepada masyarakat yang mendiami sepanjang aliran Sungai Ogan.

Menurut Darul, Belanting singkatan dari BERSAMA LINDUNGI ALAM HUTAN dan LINGKUNGAN” .

Tak heran Belanting River Tubing  Kelumpang binaan dari  PGE (Pertamina Geothermall Energi) Lumut Balai ini langsung tancap gas.

BACA JUGA:Beberapa Resiko dan Keluhan Dirasakan Setelah Operasi Sedot Lemak, Ini Diantaranya

Di saat weekend peserta yang menikmati serunya river tubing bisa mencapai  100 orang per hari. Air yang jernih dan babatuan besar dengan arus yang  deras didukung panorama yang diindah.

Di sepanjang jalur river tubing  Sungai  Ogan masih sangat asri dengan pohon-pohon  hijau serta sawah petani dan perkebunan rakyat menjadi daya tarik sendiri untuk berwisata di sini. 

Darul berharap, kehadiran Belanting River Tubing di Desa Kelumpang mampu membawa perubahan yang menggembirakan bagi masyarakat yang tinggal di wilayah paling Barat Kabupaten OKU ini. 

"Kami memiliki mimpi suatu saat  Desa Kelumpang akan menjadi terkenal karena potensinya, prestasinya, keelokan tutur sapa dan budayanya," kata Darul.

BACA JUGA:3 Teknik Sedot Lemak yang Harus Diketahui, Kepoin Yuk!

Berangkat dari  cita-cita mulia itulah  guru olahraga SD Negeri  128 OKU  mengkoordinir anggota Karang Taruna  Desa Kelumpang untuk membuat program yang dinilai bisa mendorong percepatan perubahan Desa Kelumpang.

Didapatlah ide untuk memanfaatkan SDA (Sumber Daya Alam) Sungai Ogan yang memiliki potensi wisata air dengan didukung oleh arus sungai jernih dengan bebatuan besar  lengkap dengan jeram-jeram cocok untuk kategori keluarga.

Menurut pria kelahiran Desa Kelumpang 12 September 1976 ini, panorama desa memang indah, sejauh mata memandang terlihat pohon-pohon menjulang tinggi di sepanjang jalur Sungai Ogan yang dilintasi River Tubing.

Potensi alam yang merupakan anugrah dari  sang  pencipta ini  harus benar-benar dimanfaatkan dan dikelola dengan baik dengan tetap menjaga keseimbangan ekosistim yang ada.

BACA JUGA:5 Fakta yang Harus Diketahui Jika Melakukan Sedot Lemak

Bak gayung bersambut,  ide kreatif pemuda Desa Kelumpang ini disambut baik oleh   PGE (Pertamina Geothermall Energi) Lumut Balai. 

Sebagai salah usaha kreatif  binaan PGE dikelola secara profesional oleh pemuda/pemudi setempat.

Dilengkapi fasilitas standar seperti  Alat-alat  Belanting, pelampung, helm, ruang ganti,  ruang tunggu dilengkapi juga perlatan  masak & Camping.

Yang  paling utama dan tak kalah pentingnya adalah jaminan keamanan dan kenyaman peserta Belanting River Tubing.

BACA JUGA:Kadisbudpar Sumsel Akan Kaji Ulang Pemasangan Lift di Jembatan Ampera  

Suami dari Zuria menuturkan, sejak kehadiran River Tubing  sudah terasa membawa perubahan desa yang berpenduduk 1.300 jiwa yang  ini.

Dulunya Air Sungai menjadi tempat pembuangan sampah dan segala kotoran termasuk BAB.

Namun berangsur-angsur kebiasaan sudah berubah, masyarakat sudah menyadari pentingnya menjaga kelestarian sungai untuk keberlangsun hidup.

"Sekarang sudah tidak ada lagi yang membuang sampah  dan BAB di sungai. Kemudian dengan memberdayakan pemuda-pemudi desa,  saat ini puluhan pemuda setempat sudah memiliki penghasilan Rp 26.000 sampai Rp 100.00/hari," katanya bangga. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: