Desi dan Rara Ciptakan Es Krim Sayur, Ingin Coba Kelezatannya...

Desi dan Rara Ciptakan Es Krim Sayur, Ingin Coba Kelezatannya...

Carla Prestika sedang memperkenalkan es krim sayurnya pada kegiatan Gebyar UMKM Tahun 2022 dan Pagelaran Seni Promosi Pariwisata, di Gedung Olahraga (GOR) Pancasila Muara Enim, Minggu 20 November 2022. -Palpos.id-

MUARA ENIM, PALPOS.ID – Pandemi covid-19 yang melanda hampir seluruh dunia, ternyata juga membawa berkah bagi sebagian orang.

Bahkan, berkah itu diantaranya memunculkan kreatifitas untuk bertahan hidup, maupun untuk meraup keuntungan.

Demikian dilakukan Desi dan Rara, warga Kabupaten Muara Enim. Keduanya terus berinovasi untuk membuat makanan.

Ya, Desi dan Rara menciptakan es krim sayur. Tujuannya selain untuk memanfaatkan sayuran hidroponic yang ditanam di pekarangan rumah.

BACA JUGA:Rayakan Tokoh dan Kuliner Legendaris Palembang, Grab Gelar Festival Legendaris GrabFood

Juga bermula dari keprihatian keduanya, karena kebanyakan orang khususnya anak-anak yang kurang suka dengan sayur-sayuran.

Akhirnya, keduanya membuat es krim berbahan sayur-sayuran, yang dipromosikan melalui kegiatan Gebyar UMKM dan Pagelaran Seni Promosi Wisata di Gedung Olahraga (GOR) Pancasila Muara Enim, Minggu 20 November 2022.

Untuk menciptakan es krim sayur itu, keduanya patungan modal untuk usaha budidaya tanaman sayuran hidroponic yang sangat menyehatkan, karena tanpa obat-obatan pestisida dan jauh dari hama.

Lambat laun usahanya terus berkembang, selain untuk konsumsi sendiri dan sudah menjual dan memasok para pelanggan.

BACA JUGA:Wisata Kuliner di Kabupaten OKU Kembali Dibuka

Pada tahun 2021, merekapun terus berpikir mencari terobosan dan inovasi untuk mengembangkan usahanya dengan cara diservikasi produk yang dahulunya hanya menjual dalam bentuk sayur-sayuran tetapi sekarang mulai di modifikasi menjadi produk lain.

Kemudian mereka melihat kebanyakan anak-anak cenderung tidak menyukai sayur-sayuran lalu timbulah ide untuk menjadikan sayuran sebagai menu utama kuliner.

Lalu mereka mencari makanan apa yang hampir digemari anak-anak dan akhirnya terpikirkan es krim.

“Kami melihat tanaman hidroponik sudah melimpah dan tidak terserap seluruhnya oleh pasar.

BACA JUGA:Kabupaten Muba Raih Juara Kuliner Terbaik Festival Anjungan Sumsel 2022

Maka kami pikir kenapa tidak mencoba membuatnya menjadi campuran es krim saja,” ujar Desi yang didampingi Rara dan Carla, Minggu 20 November 2022.

Setelah mendapat ide tersebut, lanjutnya, mereka terus melakukan uji coba dan akhirnya cukup berhasil terbukti anak-anak banyak yang suka mengkonsumsi es krim sayur tersebut.

Saat ini, produksi masih secara manual dan mencapai sekitar 1000 cup perbulan dengan dipasarkan secara online.

Salah satu kendalanya adalah belum mempunyai mesin, kapasitas freezer, tenaga pembuat, tentunya masih membutuhkan adanya bantuan untuk peralatan-peralatan pembuatan es krim.

BACA JUGA:Ini Resep Pempek Udang yang Enak dan Mudah Dibuat

Kalau untuk harga Rp10 ribu per cup, dengan tiga cita rasa yakni bayam Brazil hidroponik, bayam Merah hidroponik dan Lakcoy hidroponik.

“Kami menginginkan, pemerintah benar-benar memperhatikan UMKM yang memang bekerja dan ada usaha bukan yang fiktif, memang ada usahanya, ada tempatnya ada labelnya, diproduksi dan dipasarkan,” ujarnya.

Untuk saat ini, pihaknya baru satu-satunya di Sumsel yang membuka usaha es krim sayur ini. Dan kita sudah terdaftar BPOM yang saat ini sedang menuju sertifikasi halal.

Setelah sertifikasi halal terbit, barulah pihaknya akan lebih mempromosikan lebih luas lagi. Untuk itu pihaknya berharap kedepan akan bisa menembus pangsa pasar waralaba dan melayani pemesanan seperti pesta, hajatan, kantoran dan kegiatan lainnya.

BACA JUGA:15 Makanan Jadul di Palembang Masih Menjadi Menu Pavorit, Ini Daftarnya...

Bagi masyarakat yang penasaran bisa menghubungi Ice Cream Sayur Pulau Hidro dengan alamat Jl Lintas Baturaja, Desa Pulau Panggung Enim, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim samping SPBU dengan Ig : @pulauhidro dan WA : 081367121225. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: