Bupati Panca Ultimatum Kades Terpilih, Hati-hati Gunakan Dana Desa

Bupati Panca Ultimatum Kades Terpilih, Hati-hati Gunakan Dana Desa

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar Ketika Melantik Kades Terpilih di Kecamatan Rambang Kuang, Selasa 06 Desember 2022.-Palpos.id-Diskominfo Ogan Ilir

INDRALAYA, PALPOS.ID - Bupati Ogan Ilir (OI) Panca Wijaya Akbar memperingatkan para kepala desa, agar bijak dan berhati-hati dalam mengunakan anggaran dana desa.

Pernyataan itu disampaikanya di dalam sela-sela pidatonya saat melantik lima kepala desa (Kades) terpilih di tiga tempat berbeda di Kecamatan Rambang Kuang Kabupaten Ogan Ilir.

"Selain bersinergi dengan pemkab OI dalam melakukan pelayanan dasar kepada masyarakat.

Saya juga mengingatkan agar Kades terpilih berhati-hati dalam mengelola dana desa," ungkap Panca. Selasa, 06 Desember 2022.

BACA JUGA:Ini Motif Tersangka Romli Lakukan Pembunuhan Calon Kades Betung II

Bukan tanpa sebab pasalnya telah banyak kepala desa di Indonesia yang terjerat hukum akibat salah dalam pengelolaan anggaran dana desa tersebut.

"Banyak kepala desa yang baik yang kemudian harus berurusan dengan hukum karena ketidak tahuanya dalam mekanisme pengelolaan anggaran dana desa," ucapnya.

Lanjutnya, apabila ragu atau tidak tahu, dirinya menyarankan agar jangan ragu dan sungkan untuk bertanya kepada camat juga dinas PMD juga berkonsultasi kepada Jejari Ogan Ilir.

"Karena dalam pengelolaan dana desa ada mekanisme yang harus kita lakukan," ungkapnya.

BACA JUGA:Tersangka Pembunuhan Calon Kades Betung II Sempat Diperiksa Polisi Sebelum Ditangkap

Sebagai upaya keseriusan bupati agar para kades di Ogan Ilir tidak terjerat pidana dalam pengelolaan anggaran dana desa.

Baru-baru ini Pemkab Ogan Ilir telah melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada kades yang tidak mengikuti Pilkades pada 15 oktober lalu.

"Selanjutnya setelah pelantikan ini, kita juga akan kembali mengadakan bimtek untuk 172 kades terpilih yang telah dilantik.

Dan nanti kita mintakan arahan pak Kejari dalam penggunaan anggaran dana desa," terangnya.

BACA JUGA:Polres OI Amankan Tersangka Pembunuhan Calon Kades Betung 2, Ini Orangnya

Selain itu, bupati mengatakan tujuan dirinya melaksanakan pelantikan di masing-masing desa bagi Kades terpilih, selain dapat mendengar aspirasi langsung dari masyarakat desa setempat.

Juga untuk melihat potensi dan kondisi setiap desa yang dilajukan pelantikan.

"Makanya akan kita lewati, kalau ada jalan tidak baik, kalau bupatinya lihat tentunya akan kita perbaiki," terangnya.

Untuk diketahui Bupati Panca hari ini 5 Desember 2022 melantik lima kades terpilih di Kecamtan Tambang Rambang yakni kades Desa Sunur Irwandi, Kades Desa Tanjung Bulan Jamil.

BACA JUGA:1.236 Karyawan dari 136 Perusahaan di Ogan ilir Akan Kenaikan UMK, Berapa?

Kemudian, Kades Desa Tambang Rambang Arya Prima, Desa Sukananti Sya'Ban, dan Kades Desa Tangai Sofyan Khalik. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: diskominfo ogan ilir