Punya Beragam Suku, Ini 7 Bahasa Daerah di Sumsel. No 5 Jadi Bahasa Pemersatu

Punya Beragam Suku, Ini 7 Bahasa Daerah di Sumsel. No 5 Jadi Bahasa Pemersatu

Sumatera Selatan yang memiliki 7 bahasa daerah yang saat ini dipakai warga Sumsel--

4. Dialek Rambutan dituturkan oleh penduduk Desa Rambutan, Kabupaten Banyuasin.

5. Dialek Rambang dituturkan oleh penduduk Desa Tanjung Raman, Desa Pagar Gunung, Desa Sugihan, Desa Jemenang, Kabupaten Muara Enim.

3. Bahasa Kayu Agung

Bahasa ini memiliki sembilan dialek yaitu Lintang, Kimak, Pagar Dewa, Pematang, Penesak, Kayu Agung Perigi, Kikim, Lubuk Rumbai, dan dialek Ngulak, yang digunakan berbeda-beda tergantung wilayahnya. 

Sebagian besar bahasa ini di pakai oleh masyarakat di wilayah Desa Landur, Desa Rekimai Jaya, Desa Pematang Panggang, Desa Lubuk Karet, dan masih banyak lagi.

4.Bahasa Ogan

ahasa Ogan erat kaitanya  penduduk yang tinggal di pesisir atau tepian Sungai Ogan. 

Sungai Ogan sendiri berasal dari beberapa aliran kecil mata air dari Bukit Nanti yang bersatu menjadi aliran besar sungai Ogan, yang akhirnya bermuara di Sungai Musi, Palembang. 

Masyarakat Kabupaten Ogan Ilir disebut sebagai penutur asli dari Bahasa ogan. 

BACA JUGA:Mau Lihat Situs Pra Sriwijaya, Ternyata Ada di Daerah Ini

BACA JUGA:Sejarah Makam Kambang Koci, Disebut Juga Pemakaman Wali di Palembang

5. Bahasa Melayu

Bahasa selanjutnya adalah Bahasa Melayu. Bahasa ini bisa disebut menjadi bahasa pemersatu masyarakat di Sumsel. Bahasa Melayu ada sembilan dialek. Yaitu, dialek Palembang Sukabangun, dialek Kisam, dialek Muara Saling yang dituturkan di Kecamatan Saling, Kabupaten Empat Lawang.  

Selanjutnya dialek Selangit yang dituturkan di Kelurahan Selangit, Kecamatan Selangit, Kabupaten Musi Rawas. Dialek Rupit yang dituturkan di Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), dialek Bentayanyang dituturkan di Desa Bentayan, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Banyuasin, dan dialek Palembang 16 Ulu yang dituturkan di Kelurahan 16 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu II Kota Palembang.

6. Bahasa Pedamaran 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: