SRCIS Rangkul 10.000 Toko Kelontong dalam Pesta Retail Sumatera di BKB Palembang

SRCIS Rangkul 10.000 Toko Kelontong dalam Pesta Retail Sumatera di BKB Palembang

Sekda Kota Palembang Ratu Dewa bersama pimpinan PT SRCIS saat pembukaan pesta retail Sumatera di Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Sabtu 10 Desember 2022. -Palpos.id-Humas PT SRCIS

PALEMBANG, PALPOS.ID – Untuk mendukung transformasi dan digitalisasi UMKM Toko Kelontong, PT HM Sampoerna Tbk, melalui PT SRC Indonesia Sembilan atau PT SRCIS menggelar Pesta Retail.

Pesta retail yang digelar selama sepekan itu, berlangsung di 15 Kota di Indonesia, termasuk di Benteng Kuto Besak atau BKB Palembang.

Gelaran pesta retail ini untuk merayakan kesuksesan toko kelontong dalam berkontribusi untuk menggerakkan roda ekonomi masyarakat.

Untuk di BKB Palembang, SRCIS menggandeng Sampoerna Retail Community atau SRC, menghadirkan 10.000 toko kelontong.

BACA JUGA:Sidak Gudang Retail, Wawako Tekankan Management Tidak Tawarkan Produk Kadarluarsa Ke Konsumen

Untuk diseluruh Indonesia, SRC sudah berkolaborasi dengan 225 ribu toko kelontong tradisional, dan semuanya mendapatkan pembinaan usaha.

Dengan pembinaan itu, maka para pemilik toko kelontong tradisional ini, akan mampu bersaing sesuai kebutuhsan zaman, serta mendukung perekonomian Indonesia.

Acara puncak pesta retail di BKB Palembang, digelar Sabtu 10 Desember 2022. Dan ini merupakan rangkaian pesta retail terbesar yang digelar mulai 26 November hingga 18 Desember 2022.

Pesta Retail Sumatera di Palembang dihadiri Sekda Kota Palembang, Ratu Dewa, yang memberikan dukungan sepenuhnya bagi kemajuan toko kelontong Indonesia.

BACA JUGA:4 Macam Bansos untuk Pemegang Kartu KIS BPJS Kesehatan, Ini Penjelasannya...

“Kami menyambut dengan bangga Pesta Retail Sumatera di Palembang, karena kehadiran toko kelontong di SRC juga memberikan kontribusi positif bagi perekonomian daerah.

Kami juga berterima kasih kepada warga Palembang yang masih setia berbelanja di toko kelontong sehingga perputaran ekonomi tetap terjadi,” kata Dewa, Sabtu 10 Desember 2022.

Head of South Sumatera Zone Sampoerna, Dina Arini Sulistyowati, turut menyatakan apresiasinya kepada semua peserta SRC dari Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Jambi yang hadir dengan penuh antusias.

“Saat ini jumlah SRC di Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Jambi telah mencapai lebih dari 10.000 toko SRC.

BACA JUGA:Ini Cara Mendapatkan Bansos PKH untuk Balita Sebesar Rp3 Juta

Saya disini sangat senang dan bangga dapat bertumbuh serta berkembang bersama toko SRC yang tentunya akan membawa perubahan untuk UMKM di Indonesia,” kata Dina.

Sebelumnya, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia telah menyebutkan bahwa UMKM berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional.

Sektor ini berkontribusi hingga 60,5% terhadap produk domestik bruto (PDB), serta memiliki kemampuan untuk menyerap 96,9% dari total angkatan kerja nasional.

Direktur Penjualan Sampoerna, Ivan Cahyadi, mengatakan, selama lebih dari 14 tahun eksis di Indonesia, Toko Kelontong SRC membawa transformasi yang progresif pada sektor UMKM nasional sehingga dapat secara konsisten berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi.

BACA JUGA:Pelajar Tak Miliki KIP Bisa Daftar Bansos PIP, Begini Caranya...

“Toko kelontong SRC di seluruh Indonesia juga ikut berpartisipasi dalam menopang PDB, di mana kontribusinya mencapai Rp69,3 triliun atau setara 4,1 persen terhadap total PDB ritel nasional,” ujar Ivan.

Mengingat perannya yang sangat strategis dalam perekonomian Indonesia, Ivan mengatakan, perlu ada kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan agar sektor UMKM, khususnya toko kelontong, semakin maju.

Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk memperkuat sektor UMKM di Indonesia.

“Penguatan peran UMKM ini akan mengokohkan kesiapan Indonesia dalam menyongsong situasi ekonomi yang dinamis pada 2023. SRC juga telah bersiap untuk itu,” kata Ivan.

BACA JUGA:Bansos BLT BBM Bakal Cair Januari 2023, Begini Cara Pengajuannya...

Ia menambahkan, pihaknya terus komitmen mendorong transformasi dan digitalisasi UMKM secara berkelanjutan.

“Rangkaian Pesta Retail juga diharapkan dapat mendorong SRC untuk terus memberikan nilai tambah bagi perekonomian Indonesia secara berkelanjutan,” tegas Ivan.

Sementara itu, Direktur PT SRCIS, Rima Tanago, menambahkan, Pesta Retail Sumatera di Palembang akan menjadi ajang untuk menyatukan dan memperkuat solidaritas dari seluruh toko kelontong SRC di di Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Jambi.

“Kegiatan ini merupakan bukti konkret dalam upaya kami mengembangkan potensi UMKM toko kelontong di seluruh Indonesia agar dapat naik kelas.

BACA JUGA:Aplikasi Resmi Kemensos Bisa Menyanggah Data Penerima Bansos Tidak Tepat Sasaran...

Kami percaya Pesta Retail 2022 ini akan membangun optimisme pelaku UMKM agar siap menghadapi berbagai tantangan yang dinamis,” ujar Rima.

Kegiatan akbar ini, lanjut Rima, diharapkan dapat memperkuat ekosistem toko kelontong SRC agar makin adaptif dan inovatif di manapun mereka berada. Serta memperkenalkan toko kelontong SRC kepada masyarakat lebih luas lagi.

Oleh karena itu, selama Pesta Retail berlangsung, para pedagang Toko Kelontong SRC dipacu untuk mengeksplorasi berbagai inovasi demi kemajuan bisnisnya.

“Pesta Retail ini akan menjadi momentum bagi toko kelontong SRC untuk membuktikan kemampuannya sebagai toko serba bisa yang menjadi andalan bagi kebutuhan masyarakat Indonesia, mulai dari kebutuhan sehari-hari sampai dengan produk digital,” katanya.

BACA JUGA:Ternyata Penerima Bansos Dapat Rp200 Ribu hingga Rp3 Juta, Ini Penjelasannya...

Lebih dari 10.000 toko kelontong SRC dari Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Jambi hadir dalam rangkaian acara Pesta Retail Sumatera di Palembang.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat relasi antara mitra, pemilik toko, dan juga menjadi sarana hiburan rakyat bagi masyarakat.

Melalui kegiatan ini, diharapkan eksistensi toko kelontong semakin nyata dan relevan bagi masyarakat dari berbagai kalangan.

Selain memamerkan produk-produk andalan pelaku UMKM dan toko kelontong asli dari pulau Sumatera.

BACA JUGA:Mau Daftar Bansos dengan Mudah, Berikut Caranya...

Acara ini juga menghadirkan hiburan rakyat dari masing-masing daerah dalam rangka memperkenalkan keanekaragaman budaya Indonesia. Selain itu acara ini turut didukung oleh AQUA, BRI, KFC dan mitra lainnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: humas pt srcis