Ternyata Penerima Bansos Dapat Rp200 Ribu hingga Rp3 Juta, Ini Penjelasannya...

Ternyata Penerima Bansos Dapat Rp200 Ribu hingga Rp3 Juta, Ini Penjelasannya...

KPM penerima bansos PKH dan BPNT dapat bonus bansos pangan jelang ramadan sejak Maret hingga Mei 2023.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

JAKARTA, PALPOS.ID – Hingga Desember 2022, Pemerintah telah menyalurkan belasan bantuan sosial atau bansos kepada masyarakat Indonesia.

Namun, bantuan sosial atau bansos itu, ada yang berbentuk cash atau uang, dan ada juga yang berbentuk bahan pokok atau barang.

Selain itu, bantuan sosial atau bansos juga disalurkan melalui beberapa instansi. Misalnya melalui bank, atau juga melalui Kantor Pos Indonesia.

Kemudian, untuk masyarakat yang ingin mengecek bantuan sosial atau bansos bisa melalui link yang tersedia.

BACA JUGA:5 Bantuan Sosial Yang Bakal Cair Tahun 2023, Ini Daftarnya

Misalnya untuk bansos berupa Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak atau BLT BBM, Program Keluarga Harapan atau PKH, dan Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT, yang disalurkan pemerintah sejak November dan Desember 2022.

Untuk Bansos PKH diberikan kepada 10 juta masyarakat Keluarga Penerima Manfaat atau KPM.

Kemudian untuk besaran PKH yang diterima KPM tergantung haknya, yakni antara Rp200 ribu hingga Rp3 juta.

Ada juga BPNT yang disalurkan kepada 18,8 juta KPM, dengan bantuan senilai Rp200 ribu per KPM.

BACA JUGA:4 Jenis Bansos Ini Akan Disetop Tahun 2023, Benarkah?

Selain itu, ada juga BLT BBM yang disalurkan PT Pos Indonesia kepada 3 juta KPM dari jumlah penerima seluruhnya 20,65 juta orang.

"Tiga hari penyaluran Rabu, Kamis, Jumat (23-25 November 2022) telah tersalurkan kepada 3 juta KPM. Rata-rata per hari kita salurkan kepada 1 jutaan KPM,” kata Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia Haris.

Dia menargetkan penyaluran BLT BBM Tahap kedua tersebut akan selesai dalam 10 hari yakni menjangkau seluruh penerima yang ditugaskan melalui Pos Indonesia sebanyak 20,65 juta KPM.

Menurut dia, pada periode penyaluran BLT BBM kali ini sangat istimewa karena Pos menyalurkan tiga bantuan sekaligus yang mana pada tahap 2 ini berbarengan dengan penyaluran PKH dan BPNT (bansos sembako).

BACA JUGA:12 Jenis Bansos Cair Bulan Desember 2022, Ini Daftarnya...

"Karena menyalurkan tiga bantuan, uang yang disalurkan cukup besar sehingga butuh persiapan dengan baik, mitigasi risiko terkait pengamanan,” kata Haris.

Namun demikian, ia menyatakan PT Pos Indonesia siap menyalurkan bantuan, sebab sebelumnya telah berkali-kali dipercaya menyalurkan bantuan sehingga telah memiliki pengalaman.

Terkait penyaluran BLT di wilayah 3T (terpencil, terluar, tertinggal) Haris optimistis petugas Pos telah terlatih mengatasi tantangan yang dihadapi.

“Petugas saat menerima data sudah maping (memetakan) lokasi penerima dan Kantorpos terdekatnya. Kemudian berkoordinasi dengan pemangku daerah untuk penjadwalan penyaluran. Kita menyiapkan transportasi, berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait dan aparat keamanan,” ujarnya.

BACA JUGA:5 Syarat Mutlak Penerima Bansos, Apa Saja...

Sementara itu Executive General Manager Kantor pos Cabang Utama (KCU) Denpasar Nandi Hidayat menambahkan penyaluran BLT BBM tahap 2, PKH, dan bansos sembako di Bali berjalan lancar.

"Hari ini kami menargetkan tersalurkan kepada lebih dari 4 ribu KPM yang tersebar di 24 desa dan kelurahan. Agar penyaluran berjalan baik, kami memperbanyak petugas juru bayar, ada sekitar 10 orang," katanya.

Salah satu KPM di Bali Ni Wayan Sridewi menyatakan menerima BLT BBM dan PKH senilai total Rp2 juta.

Perempuan yang bekerja di pabrik garmen ini mengaku bantuan dari pemerintah tersebut dapat meringankan beban rumah tangganya.

BACA JUGA:Mau Daftar Bansos dengan Mudah, Berikut Caranya...

KPM lainnya, Ni Wayan Ratnawati yang merupakan ibu rumah tangga menyatakan menerima bantuan uang Rp2,6 juta yang akan digunakan untuk membeli sembako, keperluan rumah tangga, dan biaya anak sekolah.

"Pengambilan di Kantor pos tidak ada kesulitan. Pelayanan Pos Indonesia sangat baik. Harapan saya akan terus menerima bantuan sehingga saya bisa memenuhi tanggung jawab di keluarga kecil saya," ujarnya.

Rizky Septiawan, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Denpasar, Bali, mengaku senang bantuan PKH dan BPNT kembali disalurkan oleh PT Pos Indonesia, BUMN tersebut telah teruji cepat dan tepat sasaran penyaluran.

"Harapan saya dengan kembalinya penyaluran PKH di PT Pos Indonesia, penyaluran bisa lebih tepat sasaran. Bantuan cepat diterima oleh masyarakat," katanya.

BACA JUGA:Bansos PKH Tahap 4 Anda Belum Cair, Catat Ini 17 Penyebabnya

Cara Cek Bansos PKH, BLT BBM dan Bansos BPNT

Petunjuk Pencarian

Masukkan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan

Masukkan nama PM (Penerima Manfaat) sesuai KTP

Ketikkan 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode

Jika huruf kode kurang jelas, klik icon  untuk mendapatkan huruf kode baru.

BACA JUGA:Pemerintah Bakal Salurkan Bansos Yatim Piatu hingga Lansia...

Klik tombol CARI DATA

Note :

Sistem Cek Bansos Kemensos akan mencari Nama PM (Penerima Manfaat) sesuai Wilayah yang Anda inputkan.

Atau bisa langsung ke LINKNYA. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fin.co.id